Jum'at, 26 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 16 Maret 2023 | 18:04 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sebuah video dengan narasi cukup menakutkan beredar di YouTube. Video tersebut mengungkap bahwa gempa sebesar 11,7 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Jakarta.

"MEMATIKANGEMPA 11,5 TEREKAM KAMERA GUNCANG JAKARTA, HARI INI 11 MARET 2023?" bunyi keterangan pada video yang diunggah oleh channel YouTube Mimbar Istana.

Ada pula video lain bernama "NGERI!!JAKARTA HARI INI KIAMAT, BARU SAJA TERJADI GEMPA 11,7 SR MENCABIK-CABIK DKI JAKARTA".

Postingan tersebut diunggah di YouTube pada 12 Maret 2023. Saat artikel ini dibuat, video ini telah ditonton sebanyak belasan ribu kali.

Video menampilkan beberapa gedung runtuh dan debu-debu berserakan. Berdasarkan penelusuran melalui situs BMKG, tidak ada gempa melebihi magnitudo 5.0 yang mengguncang Jakarta dalam 2 pekan terakhir.

Beredar video mengenai gempa 11,5 guncang Jakarta. Ini adalah kategori disinformasi dan video hoaks. (YouTube Mimbar Istana via Kominfo)

Situs Kominfo memasukkan video tersebut dalam kategori "Hoaks" dan "Disinformasi".

Masyarakat diimbau agar tidak termakan isu dan narasi menakutkan pada video tersebut.

Dikutip dari jalahoaks.jakarta.go.id dan situs Kominfo, konten video itu membacakan sejumlah artikel pemberitaan yang tidak terkait satu dengan lainnya.

  • Artikel berjudul “Jakarta dan Sekitarnya Diguncang Gempa Magnitudo 5,5” yang tayang di cnnindonesia.com pada 09 Oktober 2022.
  • Artikel berjudul “Terasa di Jakarta, Gempa M 6,4 Berpusat di Garut Jabar" yang tayang di detik.com pada 03 Desember 2022.

Kedua artikel tersebut membahas kejadian gempa yang terjadi di waktu dan lokasi yang berbeda. Artikel pertama membahas gempa bumi 5,5 Magnitudo yang berpusat di 26 km Barat Daya Bayah, Banten dengan kedalaman 12 kilometer pada Oktober 2022.

Sementara artikel kedua berisi laporan gempa yang terjadi pada Desember 2022 dan berpusat di Garut, Jawa Barat. Tidak ada pernyataan mengenai bencana gempa yang membuat wilayah Jakarta hancur.

KESIMPULAN

Video mengenai penampakan gedung-gedung Jakarta hancur tidak benar. Postingan tersebut merupakan hasil editan dan sama sekali tak menggambarkan gempa di Jakarta.

Kategori informasi: Disinformasi. Kategori Hoaks: Konten Manipulasi. Video terkait Jakarta diguncang gempa 11,7 SR adalah HOAKS.

BACA SELANJUTNYA

Ummi Pipik Masih Pakai Cadar Meski Jadi BA, Netizen Sentil Inara Rusli