Kamis, 20 Juni 2024
Amelia Prisilia : Senin, 20 Maret 2023 | 19:38 WIB

Hitekno.com - Baru-baru ini beredar kabar bahwa Presiden Jokowi memecat Prabowo dari jabatannya sebagai Menteri Pertahanan. Alasan pemecatan ini karena Prabowo dinilai tidak beretika dan memiliki niat busuk.

Hal itu diketahui dari video yang diunggah kanal YouTube Istana Politik pada Minggu (19/3/2023). Dia memberi judul "Viral, Niat Busuk Terbongkar Jokowi Pecat Prabowo dari Kemenhan."

Pada thumbnail-nya berisi foto pelantikan para Menteri oleh Presiden Jokowi. Serta diberi tulisan "Update Terkini, Pecat Prabowo Menteri yang Tak Beretika dan Tak Layak Dipertahankan."

Bermodalkan 309 ribu subscribe, video berdurasi 10 menit 43 detik itu sudah ditonton sebanyak 1,8 ribu penonton hanya dalam 1 jam sejak diupload (19/3) Dengan jumlah penonton yang mencapai ribuan tersebut, maka penting untuk ditelusuri kebenaran informasi yang disampaikan kanal YouTube tersebut.

Setelah ditonton dari awal sampai akhir, konten dalam video tersebut hanya menayangkan sepenggal ucapkan Prabowo Subianto yang menyanjung Presiden Jokowi. Selebihnya hanya video-video Prabowo Subianto yang sudah diedit dan dinarasikan.

Saat menarasikan video tersebut, sang narator hanya mengutip pidato-pidato Jokowi yang sama sekali tidak sesuai dengan judul dan thumbnailnya yang bombastis itu. Setelah dilakukan pengecekan di website resmi Sekretariat Kabinet RI, tidak ada pengumuman resmi terkait pemecatan Prabowo Subianto tersebut.

Dengan demikian kanal YouTube Istana Politik tersebut telah memanipulasi publik. Lebih tepatnya dikategorikan sebagai Clickbait karena memberikan judul di luar konteks (tidak sesuai antara judul dan isi konten yang ingin disampaikan). Untuk itu disarankan agar masyarakat bisa membaca berita yang kompatibel dan dari sumber terpercaya agar tidak termakan hoax.

Berdasarkan pantauan tim cek fakta Suara.com, kabar mengenai Jokowi yang pecat Prabowo ini hanyalah hoaks dan tidak ada kebenarannya.

BACA SELANJUTNYA

Diberi Uang Saku oleh Jokowi, Sikap Putri Ariani Ini Bikin Netizen Salut