Jum'at, 29 Maret 2024
Cesar Uji Tawakal : Selasa, 21 Maret 2023 | 20:19 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Link live streaming sidang Isbat bisa diakses di mana saja dan kapan saja. Link live streaming sidang Isbat penetapan awal puasa Ramadhan 2023. Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang Isbat untuk menentukan awal puasa 1 Syawal 1444 H pada Rabu 22 Maret sekitar pukul 19.00 WIB.

Pemerintah sendiri baru akan memutuskan kapan awal puasa melalui sidang isbat yang akan digelar pada Rabu besok. Sementara Muhammadiyah sudah menetapkan awal puasa pada Kamis, 23 Maret 2023.

Sidang isbat yang digelar oleh Kementerian Agama akan disiarkan secara langsung baik itu oleh televisi nasional, swasta maupun akun media sosial milik Kemenag.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Adib menyampaikan, sidang Isbat penentuan 1 Ramadhan akan dilaksanakan setiap 29 Sya'ban atau tahun ini bertepatan pada tanggal 22 Maret 2023.

“Seperti biasa, Sidang Isbat Awal Ramadan akan kita laksanakan setiap 29 Sya'ban. Tahun ini, bertepatan dengan hari Rabu, 22 Maret 2023,” katanya dikutip HiTekno dari situs Kanwil Kemenag DKI, Selasa (21/3/2023).

Prosesi sidang Isbat akan dimulai dengan seminar pemaparan posisi hilal awal Ramadhan 1444 H berdasarkan hasil hisab atau perhitungan astronomi. Pemaparan dilakukan Tim Hisab Rukyat Kemenag mulai pukul 17.00 WIB dan terbuka untuk umum.

Rangkaian kedua, yaitu pelaksanaan Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadan 1444 H. Selain data hisab, sidang Isbat juga akan merujuk pada hasil rukyatul hilal yang akan dilaksanakan pada 124 lokasi di seluruh Indonesia.

Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, hasil Sidang Isbat disampaikan setelah Shalat Magrib. Adib juga menyampaikan pelaksanaan sidang Isbat awal Ramadhan 2023 akan digelar secara hybrid. Gabungan antara daring (online) dan luring (offline).

Link Live Streaming Sidang Isbat

Sidang Isbat awal Ramadhan 2023 yang akan digelar secara daring (online) dapat disaksikan melalui live streaming dibawah ini.

• Link Live Streaming Sidang Isbat Vidio: https://www.vidio.com/categories/318-sidang-isbat
• Link Live Streaming Sidang Isbat YouTube Kemenag RI: https://www.youtube.com/@KementerianAgamaPusat
• Link Live Streaming Sidang Isbat YouTube TVRI: https://www.youtube.com/@TVRINasional/streams
• Link Live Streaming Sidang Isbat Facebook Kementerian Agama RI: https://www.facebook.com/KementerianAgamaRI
• Link Live Streaming Sidang Isbat Instagram Kemenag RI: https://www.instagram.com/kemenag_ri/

Itulah informasi terkait pelaksanaan live sidang isbat awal Ramadan 2023 yang akan digelar pada Rabu, 22 Maret 2023 mulai pukul 17.00 WIB.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

Link Live Streaming M4 World Championship Mobile Legends Hari Ini, 3 Januari 2023