Jum'at, 26 April 2024
Amelia Prisilia : Rabu, 29 Maret 2023 | 08:55 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Jika kamu masuk ke laman Google maka akan menemukan Google Doodle hari ini yang menunjukan animasi sosok pejuang emansipasi perempuan di Indonesia, RA Lasminingrat.

Google melalui laman utamanya turut merayakan ulang tahun sosok RA Lasminingrat yang ke-169. Perayaaan ulang tahun tokoh ini bersama dengan animasi potret dirinya serta tulisan Google yang dihias layaknya lukisan dengan warna serba cokelat.

Jika Google Doodle di laman utama Google ini diklik, maka kamu akan diarahkan ke laman profil RA Lasminingrat. Berdasarkan informasi di laman mesin pencari ini, RA Lasminingrat atau Raden Ayu Laminingrat adalah pelopor kemajuan wanita Sunda.

Dirinya juga dikenal sebagai pendiri Sakola Kautamaan Istri. Pejuang emansipasi perempuan ini lahir pada 29 Maret 1854 di Garut dan meninggal pada 10 April 1948.

Di masanya, RA Lasminingrat dikenal sebagai sosok yang memperjuangkan emansipasi wanita, pelopor pendidikan sekaligus aktivis perempuan Sunda secara khusus dan Indonesia secara umum.

Berdasarkan berbagai sumber, RA Lasminingrat pada masanya adalah warga pribumi yang bisa membaca, menulis dan berbahasa Belanda. Karena kecerdasannya ini, dirinya sudah menuliskan berbagai buku yang dicetak sebanyak ribuan eksemplar.

Pada 10 April 1948, RA Lasminingrat meninggal pada usia 94 tahun. Dirinya lalau dimakamkan di belakang Masjid Agung Garut. Perjuangannya untuk dunia pendidikan kemudian dilanjutkan oleh Purnar Film Maningrat.

Karena kontribusi besarnya untuk Indonesia ini, pemerintah menetapkan RA Lasminingrat sebagai Pahlawan Nasional Indonesia. Dirinya lalu menjadi sosok di laman Google Doodle hari ini sebagai bentuk perayaan untuk hari lahir RA Lasminingrat.

BACA SELANJUTNYA

Apa itu Google Gemini? Teknologi AI Pesaing ChatGPT