Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 29 Maret 2023 | 17:41 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Telkomsel memastikan kalau akan mematikan jaringan 3G miliknya dalam waktu dekat ini. Bahkan jaringan 3G Telkomsel dipastikan akan mati semua pada Mei 2023 mendatang.

Diwartakan Suara.com, rangkaian mematikan jaringan 3G Telkomsel akan berakhir di Jakarta pada Mei 2023 mendatang.

Hal ini disampaikan langsung oleh Vice President Global Network Operations Telkomsel, Galumbang Pasaribu.

Galumbang Pasaribu menyampaikan kalau jaringan 3G adalah teknologi tanggung. Sebab jaringan generasi ketiga itu hanya menangani suara dan kapabilitas untuk mengambil data, tetapi tidak maksimal ketimbang 4G.

"Jadi dengan 4G dan akan menuju ke 5G, dan lanjut ke 6G, 3G itu harus ditinggalkan. Pertama tren teknologi saat ini sudah maju. Kedua, 3G sudah tidak optimal secara teknologi," paparnya dalam konferensi pers di Cirebon, Jawa Barat, Selasa (28/3/2023).

Terkait migrasi, lanjut Galumbang, dimatikannya jaringan 3G pun sudah diatur oleh Pemerintah. Dengan kebijakan itu maka semua operator seluler juga mulai pelan-pelan menghapus 3G.

Sejauh ini Telkomsel sudah membagi tahap pembagian jaringan 3G dimatikan ke dalam delapan batch, yang mana sekarang sudah masuk batch 7. Adapun batch terakhir akan segera mereka lakukan di Jakarta.

"Jadi sengaja kami pilih di Jakarta, ibu kota, dan juga menjadi gambaran bagaimana gambaran pelanggan itu sangat sensitif, dan sangat membutuhkan layanan prima. Jadi mulai dari batch satu dari hulu, mulai dari ujung pinggir-pinggir, dan terakhir kami lakukan di Jakarta," paparnya.

Di sisi lain Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sudah menggaungkan rencana 3G dihapus pada akhir tahun 2021 lalu. Menteri Kominfo Johnny G. Plate menyebut kalau sekarang 4G sudah jadi tulang punggung komunikasi Indonesia.

"Sinyal 4G ini jadi tulang punggung komunikasi nasional kita. Saya juga sudah minta kepada operator seluler untuk fade out 3G," ujar Plate dalam webinar Retropeksi 2021 dan Outlook 2022 Kementerian Kominfo, Selasa (28/12/2021).

Itulah rencana dimatikannya jaringan 3G Telkomsel yang akan berakhir di Jakarta pada Mei 2023 mendatang. (Suara.com/ Dicky Prastya)

BACA SELANJUTNYA

Kolaborasi Huawei dan Telkomsel, Hadirkan Modem Orbit Star H2 dengan Paket Kuota FantaSix 150 GB