Jum'at, 26 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Minggu, 02 April 2023 | 14:10 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah membuka pendaftaran mudik gratis bagi warga Jateng yang ingin mudik Lebaran tahun ini. Mudik gratis 2023 Jateng dengan moda transportasi bus telah dibuka sejak 13 Maret 2023. Pemprov Jateng dengan menyediakan jumlah kuota sebanyak 11.608 tiket, yang langsung ludes terpesan oleh para calon pemudik.

Dikutip dari laman resmi Provinsi Jawa Tengah, calon pemudik yang mengikuti program mudik gratis untuk Lebaran 2023 oleh Pemprov Jateng berasal dari latar belakang bermacam-macam, mulai dari sopir ojol, pedagang sayuran, dan pekerja informal.

Program mudik gratis 2023 Jateng ini, dikhususkan bagi warga Jawa Tengah yang berada di Ibu Kota Jakarta. Kebijakan ini juga sudah termasuk meraup kaum difabel yang ingin melakukan perjalanan pulang kampung ke halamannya.

Pendaftaran mudik gratis 2023 Jateng dapat dilakukan secara online melalui link https://pedamateng.penghubung. jatengprov.go.id/swa. Berikut cara daftar mudik gratis 2023 Jateng yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Cara Daftar Mudik Gratis 2023 Jateng

• Buka https://pedamateng.penghubung.jatengprov.go.id/swa/
• Kemudian pilih "Mendaftar" (pastikan kuota masih tersedia)
• Silahkan pilih tujuan mudik, untuk moda bus tersedia tujuan 35 Kota/Kab. Sementara untuk kereta api akan dibuka pada 27 Maret 2023
• Apabila berminat mengikuti arus balik pada 29 April 2023, silahkan pilih titik awal yaitu di Semarang (Terminal Mangkang), Solo (Donohudan) dan Purwokerto (Terminal Bulupitu).
• Kepala Rombongan wajib memiliki KTP Jawa Tengah atau di KTP tertera lahir di Jawa Tengah.
• Masukan 16 digit NIK dan nomor WhatsApp dengan benar, karena untuk cek status dan unduh e-tiket membutuhkan NIK dan nomor WhatsApp yang didaftarkan.
• Foto atau scan KTP lalu di upload dengan maksimal ukuran 1 MB. Setelah semua terisi klik "Simpan".
• Setelah klik "Simpan" akan muncul halaman data pribadi. Sebagai kepala rombongan diperbolehkan membawa tiga anggota lainnya. Jadi maksimal rombongan jadi 4 orang. Tapi jika berangkat sendiri maka kolom 2,3 dan 4 dikosongkan lalu klik "Simpan".
• Dalam satu rombongan boleh membawa istri atau suami dan 2 anak. Diperbolehkan membawa kerabat atau teman. Rombongan yang diisi akan berada dalam satu bus yang sama.
• Anggota rombongan tidak harus memiliki KTP Jawa Tengah atau kelahiran Jawa Tengah.
• Setelah itu klik "Simpan" akan muncul notifikasi sebagai tanda pendaftaran telah berhasil. Jangan lupa cek status pendaftaran secara berkala.

Mudik Gratis Jateng. (Pemprov Jateng)

Sayangnya kuota pendaftaran kini sudah penuh, menurut pernyataan dari situs resmi situs mudik tersebut.

"Terimakasih atas antusiasme sedulur semua, pendaftaran Mudik Gratis moda Bus dan moda Kereta Api telah kami tutup karena kuota sudah terpenuhi," tulis mereka.

Itulah cara daftar mudik gratis 2023 Jateng yang bisa kamu lakukan secara online. Sekarang kamu tidak perlu khawatir tidak bisa mudik lebaran. Selamat mencoba. 

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

Link CCTV Kota Yogyakarta, Pantau Arus Mudik Lebaran 2023