Selasa, 30 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Kamis, 06 April 2023 | 14:31 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ketika Anda menghapus aplikasi dari ponsel, sebagian besar file dan data aplikasi akan terhapus dari perangkat termasuk data cache atau sementara yang mungkin telah dibuat oleh aplikasi tersebut.

Meskipun begitu, perlu diingat bahwa masih mungkin ada beberapa data sisa yang tersisa di ponsel Anda setelah menghapus aplikasi.

Beberapa aplikasi dapat membuat file atau folder di luar direktori aplikasi utamanya, yang mungkin tidak dihapus saat Anda menghapus aplikasi.

Selain itu, beberapa aplikasi mungkin menyimpan data secara online di cloud atau di server eksternal, yang tidak akan terhapus ketika Anda menghapus aplikasi dari perangkat.

Ada juga beberapa aplikasi yang meminta izin untuk mengakses data tertentu di perangkat Anda, seperti kontak, lokasi, atau foto.

Bahkan setelah menghapus aplikasi, data yang diakses aplikasi tersebut masih dapat tersedia untuk pengembang aplikasi atau pengiklan pihak ketiga, tergantung pada kebijakan privasi dan persyaratan penggunaan aplikasi.

Ilustrasi logo Google. (Pixabay)

Dalam upaya untuk meningkatkan transparansi dan kepercayaan pengguna, Google baru-baru ini mengumumkan kebijakan baru yang mewajibkan aplikasi Android di Play Store untuk memungkinkan pengguna dengan mudah menghapus akun dan data terkaitnya, baik di dalam aplikasi maupun di web.

Kebijakan ini memberikan lebih banyak fleksibilitas dengan memungkinkan pengguna untuk menghapus data tertentu tanpa harus menghapus akun mereka sepenuhnya.

Proses penerapan kebijakan ini akan dilakukan secara bertahap, dengan pembuat konten memiliki waktu hingga 7 Desember untuk menjawab pertanyaan tentang penghapusan data dalam formulir keamanan aplikasi mereka.

Listing Play Store yang mencerminkan perubahan ini akan tersedia pada awal 2024, dan pengembang memiliki waktu hingga 31 Mei tahun depan untuk mengajukan perpanjangan.

Kebijakan baru Google ini sejalan dengan aturan yang telah diberlakukan oleh Apple untuk App Store dan merupakan bagian dari tren regulator yang lebih luas yang menuntut kontrol lebih besar atas layanan.

Regulasi ini termasuk perubahan aturan yang diusulkan oleh Komisi Perdagangan Federal yang membutuhkan cara mudah untuk membatalkan langganan dan keanggotaan.

Dengan memperkuat kontrol akun yang lebih besar, Google dan perusahaan lainnya berharap dapat mencegah pelanggaran privasi dan dampak terkait, seperti pelanggaran data.

Oleh karena itu, sebagai pengguna, Anda harus memperhatikan kebijakan privasi dan persyaratan penggunaan aplikasi sebelum menginstal dan menggunakan aplikasi pada perangkat Anda, serta memahami konsekuensi penghapusan aplikasi dari perangkat Anda.

BACA SELANJUTNYA

Google Resmi Ganti Bard Menjadi Gemini, Ini Tujuannya