Minggu, 21 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Jum'at, 07 April 2023 | 20:54 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Baru-baru ini, laporan terbaru menunjukkan bahwa ChatGPT telah menangguhkan banyak akun, terutama di Asia. Penangguhan akun dimulai pada tanggal 31 Maret dan menimbulkan kekhawatiran di kalangan pengguna yang merasa kebingungan tentang alasan di balik penangguhan tersebut.

Meskipun belum ada komentar resmi dari OpenAI tentang situasi tersebut, beberapa penjual di beberapa platform e-commerce China telah menawarkan pendaftaran akun ChatGPT sejak diluncurkan, yang menghasilkan volume penjualan yang cukup besar.

Dilansir dari Gizmochina, beberapa analis industri mengeluarkan spekulasi tentang kemungkinan alasan di balik penangguhan akun, termasuk pendaftaran akun batch, penyalahgunaan API, dan masalah teknis yang disebabkan oleh lalu lintas yang berlebihan. Selain itu, peristiwa baru-baru ini seperti Italia melarang penggunaan ChatGPT dan klaim Samsung tentang kebocoran data karena program tersebut semakin memicu kekhawatiran tentang produk AI di kalangan pengguna China.

Penangguhan akun yang begitu besar telah menyebabkan kepanikan di antara pengguna. Banyak pengguna mendapati akun mereka telah diblokir, dan beberapa mengalami masalah dengan langganan Plus mereka.

Namun, terlepas dari kepanikan dan spekulasi negatif seputar ChatGPT, kinerja pasar saham perusahaan terkait belum terkena dampak negatif. Bahkan saham sektor ChatGPT sempat mengalami kenaikan, dengan banyak yang naik lebih dari 5%.

Beberapa pengguna percaya bahwa akun yang paling terpukul adalah akun yang terdaftar dalam batch, sementara yang lain mencurigai penyalahgunaan API. Mungkin saja berakhirnya kuota panggilan gratis baru-baru ini untuk OpenAI API Key mendorong perusahaan untuk memblokir akun terlebih dahulu untuk mencegah potensi penyalahgunaan.

Dalam situasi seperti ini, pengguna disarankan untuk tetap berhati-hati dan memantau situasi dengan cermat sampai ada penjelasan resmi dari OpenAI mengenai penangguhan akun. Hal ini dapat membantu menghindari masalah yang mungkin timbul karena penangguhan akun ini.

BACA SELANJUTNYA

5 Cara Buka Situs yang Diblokir Tanpa VPN, Gunakan Diam-diam