Sabtu, 24 Februari 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 14 April 2023 | 17:29 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ada sejumlah hal yang membedakan trader handal dan yang bukan. Salah satunya adalah kebiasaan. Ada berbagai kebiasaan trader handal yang menuntunnya pada kesuksesan dalam hal trading.

Berikut adalah delapan kebiasaan trader saham yang membantu menuju kesuksesan.

1. Optimis, tapi juga realistis

Optimis dan realistis adalah dua hal yang memiliki garis pemisah jelas. Sikap optimisme diperlukan dalam diri seorang trader saham. Tapi, optimisme perlu disertai dengan sikap realistis. Misalnya, seorang trader melakukan analisis fundamental dan teknikal yang mendalam. Ia optimis analisisnya akan lebih tepat.

Namun, hasil analisis tersebut tidak selalu sesuai harapan. Bisa jadi, hasil analisis trader tersebut menunjukkan hal yang sebaliknya. Sehingga di sinilah seorang trader harus bersikap realistis.

Sebagai seorang trader, Anda harus selalu percaya bahwa tidak setiap hari trading Anda akan berjalan lancar, akan ada hari lain di mana aktivitas trading tidak sesuai harapan. Intinya, Anda harus realistis tentang harapan Anda.

Seorang trader handal akan selalu menghindari fanatisme pada satu saham tertentu atau satu strategi saja. Ingat, trading saham perlu dilakukan dengan disiplin, bukan dengan mengambil risiko yang tak terkendali.

2. Ketekunan akan membuahkan hasil

Trader yang handal memiliki sifat tekun. Ketekunan ini bukan soal ketangguhan secara fisik atau kecerdasan intelektual. Ketekunan di sini adalah perihal melatih pikiran Anda untuk fokus menuju tujuan.

Ketika seorang trader telah memiliki prinsip dalam trading, ia akan sekuatnya mempertahankannya. Mereka tidak latah apalagi FOMO, sebab mereka punya prinsip dan tujuan yang ingin dicapai.

3. Belajar dari pasar, bukan mencoba menebak pasar

Trading saham bukanlah judi yang bisa ditebak-tebak. Seorang trader handal akan selalu belajar dari pasar daripada mencoba menebaknya.

Seorang trader bisa saja mengalami kegagalan sebelumnya. Tapi, pengalaman di masa lalu itu akan dijadikan sebagai pengalaman berharga di masa depan.

Sehingga ketika situasi yang mirip dialami di masa sekarang, mereka sudah tahu strategi apa yang akan diambil agar tidak mengulang kegagalan sebelumnya.

Meski begitu, trader handal tetap terbuka terhadap perubahan strategi dan mencoba mengikuti tren pasar.

4. Kelola Risiko Sesering Mungkin

Trading saham juga tentang mengelola risiko. Pengelolaan risiko pada trading saham harus dilakukan sesering mungkin. Terlebih bila Anda melakukan day trading. Maka, pengelolaan risiko bisa berlangsung setiap hitungan menit dalam sehari.

Tak kalah penting adalah mengetahui skenario terburuk. Potensi skenario terburuk harus diketahui oleh trader agar ia bisa melakukan mitigasi risiko sedini mungkin.

5. Memperhitungkan Biaya Trading

Seorang trader handal juga harus mengetahui setiap biaya yang akan dikeluarkannya. Seorang trader akan memperhatikan dengan detil biaya tersebut.

Bagi seorang trader, bahkan kenaikan biaya yang kecil saja bisa sangat berarti. Biaya-biaya yang berpotensi harus ditanggung akan menjadi pertimbangan trader untuk mengambil keputusan selanjutnya.

6. Take Action!

Seorang trader tak cukup bila menguasai berbagai teori trading. Ia juga perlu fokus pada cara “mengeksekusi” trading saham. Perbanyak latihan akan membantu Anda menjadi seorang trader handal.

Sebagai seorang trader, apapun masalah kecil yang berkaitan dengan trading sangat penting. Di sini, psikologi trading juga berperan penting dalam mengontrol emosi trader.

7. Perbanyak Riset

Banyak orang mungkin menganggap poin ini sedikit tidak sesuai. Banyak orang mengira bahwa penelitian atau riset adalah untuk Investor dan bukan untuk trader. Padahal, agar sukses sebagai seorang trader, Anda perlu memahami banyak hal. Trader harus selalu ‘haus’ akan informasi dan keinginan untuk menemukan berbagai data relevan yang berkaitan dengan pasar saham.

Seorang trader perlu mendapat informasi tentang peristiwa makro dan mikro yang ter-update. Sehingga dapat mengambil keputusan trading yang berbasis data faktual.

8. Memperluas koneksi dengan trader lainnya

Seorang trader bisa saja duduk di depan laptop hampir sepanjang hari. Tapi, saat jam perdagangan selesai, trader juga disarankan untuk membangun koneksi.

Membuat koneksi dengan para trader lainnya adalah kebiasaan trader handal yang penting untuk dikembangkan. Sosialisasi juga menjadi sarana untuk mendapat informasi terbaru.

Dengan kemajuan teknologi, sosialisasi pun sekarang tidak harus dilakukan secara tatap muka.

Delapan kebiasaan di atas tidak terbentuk secara instan. Seiring waktu dan konsistensi, niscaya sebagian atau seluruh kebiasaan di atas bisa Anda terapkan guna membantu menjadi trader handal.

Saatnya #JadiTraderHandal Bersama Aplikasi Ajaib

Trader Handal. (Ajaib)

Selain itu, Anda bisa #JadiTraderHandal Bersama aplikasi Ajaib. Sebagai aplikasi trading saham, aplikasi Ajaib kini memiliki berbagai fitur baru yang menarik dan tentu saja mendukung kebutuhan para trader handal.

Ada fitur Strategi Saham yang dapat menyederhanakan keputusan investasi Anda. Selain itu, ada pula fitur Stock Screener, Full-screen Charting, Advance Charting, dan lain-lain.

Semua fitur terbaru ini dapat kamu simak di website Ajaib dan semua akun media sosial @ajaib_investasi. Kamu juga bisa mendapat hadiah menarik dengan membagikan pengalaman trading saham kamu bersama fitur baru dari aplikasi Ajaib di Social media dan tag @ajaib_investasi.

Tambah lagi, Ajaib juga sedang mengadakan giveaway dengan beragam hadiah menarik untuk menunjang kebutuhan trader, seperti Gadget, Tablet PC, hingga modem.

BACA SELANJUTNYA

5 Situs Trading Saham Terpercaya, Aman dan Terdaftar Resmi