Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 21 April 2023 | 11:04 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Musisi Fiersa Besari ikut buka suara soal kebijakan Twitter menghilangkan centang biru lawas ke berbagai akun. Termasuk akun Twitter miliknya yang ikut kehilangan tanda verified tersebut.

Bukanya kesal atau marah-marah kehilangan tanda centang biru di akun Twitter miliknya, Fiersa Besari justru menyampaikan ucapan terima kasih.

"Centang biru jalur prestasi sudah resmi dicabut. Terima kasih, Twitter. Perjalanan yang menyenangkan," tulis Fiersa Besar di Twitter pada Jumat (21/4/2023).

Hilangnya centang biru di akun Twitter ini bukan tanpa alasan. Pelantun Celengan Rindu ini pun menjelaskannya.

"Centang biru yang dulu disematkan oleh pihak Twitter untuk memberi tahu khalayak ramai bahwa akun tersebut merupakan akun resmi, dihapus," tuturnya.

"Sekarang yang tersisa hanya centang biru berbayar (langganan Twitter Blue). Ini berlaku untuk semua akun. Sekian infobesari hari ini," sambungnya lagi.

Dia sendiri belum tahu apakah akan berlangganan dan membayar ke Twitter untuk mendapatkan centang biru kembali atau tidak.

Fiersa Besari mengaku masih mencari tahu untung ruginya dengan hilangnya centan biru dari akun Twitter.

"Apakah saya sendiri akan langganan Twitter Blue? Hmm, kita lihat nanti. Sebenarnya, banyak untungnya juga," ujar Fiersa Besari.

"Termasuk tweet kita bisa sering nongol di kolom “for you”, terus bisa post tweet dan video yang lebih panjang. Tapi, cek ombak dulu, deh," imbuhnya.

Di postingan tersebut, Fiersa Besari turut menyertakan gambaran biaya yang harus dikeluarkan untuk berlangganan centang biru. Rupanya dalam setahun, setiap orang harus membayar sampai Rp 1.980.000.

Twitter Cabut Centang Biru

Twitter baru saja melakukan perubahan mengejutkan soal tanda centang biru. Tanda centang biru Twitter yang lama telah dihilangkan. Kenapa Twitter cabut centang biru lama?

Karenanya kita melihat banyak akun Twitter yang dulunya mendapatkan centang biru sebagai tanda verified kehilangan penanda tersebut.

Tidak peduli akun selebriti atau akun Twitter yang mendapatkan tanda verified sebelumnya, kini kehilangan centang biru.

Twitter mengambil keputusan untuk menghilangkan tanda centang biru untuk akun legacy verified atau legacy blue.

Tanda centang biru yang tertinggal kini hanyalah akun Twitter yang berlangganan fitur berbayar dari media sosial ini.

Kebijakan baru ini telah diumumkan oleh Elon Musk sejak 12 April 2023 silam. Yang menyebutkan hilangnya tanda centang biru lama pada 20 April 2023.

Kini tanda centang biru disematkan pada akun Twitter yang berlangganan layanan berbayar Twitter Blue.

Di luar itu, platform media sosial ini masih menyediakan tanda centang emas untuk akun Twitter Bisnis tanpa berlangganan.

Sedangkan untuk akun Twitter pemerintah dan organisasi, disediakan tanda centang abu-abu.

BACA SELANJUTNYA

Twitter Ingin Basmi Berita Menyesatkan di Media Sosial, Begini Caranya