Senin, 27 Mei 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 28 April 2023 | 15:29 WIB

Hitekno.com - ChatGPT menuai kesuksesan besar pada beberapa bulan terakhir. Tak mau ketinggalan, Solana bersiap mengolaborasikan teknologi blockchain dan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Melalui pengumuman resmi, Solana mengungkap bahwa mereka bakal memasang plugin ChatGPT.

Solana Fondation bahkan mengucurkan dana hingga 1 juta dolar AS atau Rp 14,7 miliar.

Berdasarkan laporan Decrypt, perusahaan di balik blockchain Solana, Solana Labs, siap memasuki sektor teknologi AI melalui plugin ChatGPT.

Plugin tersebut memungkinkan pengguna mencari blockchain Solana melalui layanan chatbot percakapan OpenAI.

Ilustrasi AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan. (Pixabay/ Geralt)

Menurut tim Solana Labs, itu akan memungkinkan pengguna memberikan berbagai tugas melalui antarmuka ChatGPT, seperti melihat saldo dompet, mentransfer kripto dan bahkan membeli NFT.

Ini diharapkan dapat mempermudah pengguna menavigasi blockchain Solana.

“Plugin mengakses kode dan data yang sudah tersedia dan dapat diakses publik… Pekerjaan kami di bidang ini dimaksudkan untuk mempromosikan standar yang aman dan dapat ditafsirkan manusia seputar [model bahasa besar] dan pengiriman transaksi,” ujar Insinyur Perangkat Lunak di Solana Labs, Noah Gundotra.

Namun, plugin yang tersedia masih yang berupa versi beta. Fitur baru tersedia untuk para pengembang di akun GitHub Solana Labs.

Dikutip dari Blockchainmedia.id (jaringan Suara.com), versi beta memungkinkan pengembang untuk menguji plugin dan memberikan umpan balik ke Solana Labs sebelum memasuki fase peluncuran versi penuh dan resmi di toko plugin ChatGPT.

Solana tampak memiliki fokus tersendiri terhadap AI, di mana sebelumnya Solana Foundation telah mengumumkan hibah dengan nilai total US$1 juta untuk mendorong para pengembang dan penggunaan AI di blockchainnya.

“Solana Labs sedang mengerjakan standar protokol baru yang memungkinkan ChatGPT melakukan interaksi umum dengan program on-chain yang mempromosikan keamanan dan interpretabilitas yang lebih baik,” ujar Gundotra.

Kabar mengenai plugin ChatGPT ini membawa dampak yang baik bagi harga koin aslinya, SOL, di mana harganya telah naik pada 27 April lalu.

Solana juga menjadi blockchain layer-1 pertama yang mengeksplorasi integrasi teknologi kecerdasan buatan (AI).

BACA SELANJUTNYA

SHIB Termasuk Memecoin Populer, Investor Retail Masih Percaya Diri