Rabu, 29 Mei 2024
Amelia Prisilia : Selasa, 02 Mei 2023 | 19:41 WIB

Hitekno.com - Baru-baru ini kabar pendukung Prabowo Subianto beralih mendukung Anies Baswedan akibat cawapres yang sudah diumumkan membuat geger media sosial. Benarkah? Simak ulasan cek fakta berikut ini.

Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden di Pilpres 2024 dikabarkan seolah telah memiliki bakal Cawapresnya. Lebih lanjut sosok bakal Cawapres itu kemudian disebut berpengaruh pada dukungan terhadap Prabowo Subianto, yang akhirnya berpaling ke Anies Baswedan.

Diketahui kabar ini terdapat pada unggahan akun YouTube Jejak Politik pada Selasa (2/5/2023). Dalam sampul videonya, tampak gambaran prabowo serta tertulis 'Breaking News: Cawapres Prabowo Bocor', serta teks lain berupa 'Live: Para Pendukung Prabowo Terang Terangan Perpaling Dukung Anies'.

Unggahan itu kemudian memiliki judul 'GERINDRA HANCUR BERANTAKAN!! CAWAPRES PRABOWO BOCOR GEGARA HAL INI'. Benarkah kabar Prabowo telah memiliki bakal Cawapres hingga buat para pendukungnya beralih ke Anies Baswedan?

CEK FAKTA

Setelah memutar video berdurasi 8 menit itu, tak ditemukan fakta soal perpindahan dukungan Prabowo Subianto ke Anies Baswedan, termasuk soal kebocoran sosok pendamping di Pilpres 2024. Isi dalam video terpantau mendengarkan Prabowo Subianto yang menyebutkan kriteria bakal calon wakil presidennya.

Sebab itu dapat dikatakan bahwa baik isi video dengan teks pada sampul dan judul video tidak memiliki kaitan dan dapat menyesatkan, sebab telah menyeret nama Anies Baswedan yang tak terkait dalam informasi tersebut.

Karena itu dapat disimpulkan soal kabar berpalingnya pendukung Prabowo Subianto ke Anies Baswedan merupakan berita yang bohon, palsu atau Hoax.

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Simon Cowell Beli Lagu Putri Ariani Seharga Rp 7 Triliun, Benarkah?