Minggu, 03 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 17 Mei 2023 | 14:22 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kejaksaan Agung, Rabu (17/5/2023) telah resmi menetapkan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate sebagai tersangka kasus korupsi BTS.

Dikutip dari Suara.com, Menkominfo Johnny G Plate ditetapkan sebagai tersangka terkait aliran dana korupsi penyediaan infrastruktir Base Tranceiver Station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 BAKTI Kominfo Tahun 2020.

Menurut laporan terbaru, kasus korupsi BTS yang menyeret Johnny G Plate ini telah merugikan negara lebih dari Rp 8 triliun.

Profil Johnny G Plate

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate (tengah) memberikan keterangan usai menjalani pemeriksaan sebagai saksi di Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, Rabu (15/3/2023). [Suara.com/Alfian Winanto]

Sosok Johnny G Plate beberapa kali mencuri perhatian. Selain karena jabatannya sebagai pembantu Presiden, beberapa pernyataan sebagai menteri hingga kehadirannya di Podcast Deddy Corbuzier sempat menjadi perbincangan.

Johnny G Plate juga sempat santer diisukan akan direshuffle Presiden Jokowi karena latar belakang politiknya yang berasal dari Partai Nasional Demokrat. Kala itu, Presiden Jokowi tengah perang dingin dengan partai pimpinan Surya Paloh tersebut.

Sebelum terjun ke dunia politik, Johnny G Plate merupakan seorang pebisnis. Johnny lahir dengan nama Johnny Gerard Plate pada 10 September 1956 di Ruteng, Nusa Tenggara Timur. Johnny kini memiliki seorang istri bernama Maria Ana dan dikaruniai dengan 3 orang anak.

Sebagai seorang pengusaha, ilmu dan kiat-kiat berbisnis yang Johnny miliki didapatkan semasa kuliah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta.

Ia lulus dan mendapatkan ijazah dari perguruan tinggi tersebut pada 1986. Usai lulus dari Atma Jaya, Johnny kemudian menekuni bisnis di bidang alat-alat perkebunan.

Tak cukup di situ, Johnny juga menjajal berbagai bidang bisnis sebelum akhirnya tertarik masuk ke dunia politik.

Semasa duduk di bangku kuliah, Johnny tergabung dalam wadah aktivis mahasiswa yakni Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI).

Kemudian, rasa keinginan Johnny untuk menjajal dunia politik berangsur-angsur semakin bertambah melalui aktivisme tersebut.

Dikutip dari laman resmi Partai NasDem, kini Johnny menjabat sebagai Sekretaris Jendral, menemani sang ketua umum partai, Surya Paloh.

Adapun Johnny sebelumnya bergabung Partai Kesatuan Demokrasi Indonesia (PKDI) pada 2013 dan menjadi ketua mahkamah sebelum pindah haluan ke NasDem.

Usai berkiprah di partai, Johnny mendapatkan kesempatan diangkat menjadi anggota DPR periode 2014-2019 dari Partai NasDem mewakili daerah pemilihan (Dapil) Nusa Tenggara Timur I. Tak cukup di situ, Johnny kembali terpilih menjadi ketua DPR usai Pemilu 2019.

Diangkat jadi Menkominfo

Perjalanan karier politik Johnny Plate menghantarkannya ke jabatan Menkominfo.

Ia diangkat menjadi Menkominfo langsung oleh Presiden Jokowi pada 2019 menggantikan Rudiantara. Pada momen pengangkatannya, Johnny Plate banyak memberikan masukan terkait digitalisasi komunikasi dalam negeri.

Itulah profil Johnny G Plate, sosok menkominfo yang terjerat kasus koruksi korupsi BTS sampai Rp 8 triliun.

BACA SELANJUTNYA

Begini Penampakan Johnny G Plate Saat Pakai Rompi dan Diborgol, Berkas Sebutkan "Ada Setoran Setiap Rabu"