Jum'at, 29 Maret 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Minggu, 21 Mei 2023 | 21:11 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sebuah video dengan ilustrasi Kuat Ma'ruf dan Ferdy Sambo dieksekusi beredar di YouTube. Berikut terdapat cek fakta untuk memastikan klaim video tersebut.

Akun YouTube Portal Jurnalis mengunggah video pada Sabtu (20/05/2023 ) dengan memperlihatkan ilustrasi wajah Kuat Ma'ruf dan Ferdy Sambo.

"Isak Tangis Putri Candrawati Pecah, Melihat Kuat Ma'ruf dan Sambo Dieksekusi Malam Ini," tulis judul video tersebut.

Sedangkan gambar thumbnail menuliskan narasi "Janji manis berbuah tragis Kuat Ma'ruf akan dieksekusi malam ini bersama Sambo".

Lantas, benarkah Kuat Ma'ruf dan Ferdy Sambo akan dieksekusi bareng malam ini?

Cek Fakta: Kuat Ma'ruf dan Ferdy Sambo Dieksekusi Bareng Malam Ini! ((YouTube/ Portal Jurnalis))

CEK FAKTA

Setelah melakukan penelusuran, video sama sekali tidak menampilkan tayangan terkait Kuat Ma'ruf dan Ferdy Sambo akan dieksekusi bareng malam ini.

Faktanya, baik Ferdy Sambo maupun Kuat Ma'ruf masih sama-sama menjalankan hukuman di penjara.

Meski permohonan banding Ferdy Sambo ditolak dan tidak mengajukan ulang, Kuat Ma'ruf justru mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas kabar yang mengatakan Kuat Ma'ruf dan Ferdy Sambo akan dieksekusi bareng malam ini merupakan klaim yang salah alias HOAKS. (Suara.com/ Alkana Reksa)

Catatan Redaksi:

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini.

Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

BACA SELANJUTNYA

Viral Pria Mirip Haaland Main Rebana, Netizen: Ini Acara Syukuran UCL