Sabtu, 25 Mei 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 24 Mei 2023 | 16:34 WIB

Hitekno.com - Gojek bersama Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia (Korlantas Polri) kembali menggelar Apel Keselamatan Berkendara. Melibatkan ratusan mitra diver Gojek, apel ini diselenggarakan di Jakarta Selatan, pada Selasa (23/5).

Kegiatan apel ini dilakukan untuk menguatkan komitmen bersama mengenai pentingnya keselamatan berkendara sekaligus sebagai dukungan Korlantas Polri dan Gojek terhadap keamanan serta keselamatan penumpang dan mitra driver dari resiko kecelakaan lalu lintas.

Presiden Gojek, Unit Bisnis On-Demand Service GoTo, Catherine Hindra Sutjahyo menyampaikan perlindungan dan kenyamanan bagi seluruh pihak, termasuk mitra driver dan pelanggan merupakan hal utama dalam ekosistem Gojek "Sejak 2019, atas dasar kesamaan visi bersama, Gojek telah menjadi pelopor kerja sama dengan Korlantas dalam meningkatkan keselamatan berkendara, khususnya bagi mitra driver Gojek yang memang sehari-harinya berada di jalan untuk mengantar penumpang maupun barang dan makanan sampai ke tujuan. Kami juga terus mengupayakan berbagai inisiatif untuk memastikan keselamatan dan keamanan pengguna melalui berbagai fitur teknologi dan rangkaian program #AmanBersamaGojek".

Catherine menambahkan, ratusan ribu mitra driver Gojek dari 21 kota di Indonesia telah mengikuti pelatihan keselamatan berkendara yang dilaksanakan secara tatap muka dalam beberapa tahun terakhir, berkolaborasi bersama berbagai partner strategis termasuk Pemerintah seperti dengan Korlantas Polri.

Dalam rangka memberikan kemudahan untuk mengakses materi pelatihan keselamatan berkendara, kapan saja dan di mana saja, mitra juga dapat mendapatkan berbagai materi edukasi melalui fitur Tips Pintar dalam aplikasi GoPartner, aplikasi yang digunakan sehari-hari untuk operasional mitra, dan telah diakses lebih dari dari satu juta kali.

Kolaborasi Gojek dan Korlantas Polri, Perkuat Komitmen Keselamatan Berkendara. (Gojek)

Kepala Korlantas Polri, Irjen (Pol.) Firman Shantyabudi dalam arahannya mengatakan "Korlantas Polri akan selalu mengedepankan tindakan preventif, edukatif, dan persuasif dalam hal keamanan dan keselamatan berkendara. Jumlah mitra driver Gojek yang besar dan tersebar di seluruh Indonesia dapat menjadi mitra strategis kami dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya keselamatan berkendara dan mematuhi tata tertib lalu lintas. Oleh karena itu, kami mengapresiasi Gojek dan seluruh mitranya untuk selalu menjadi yang terdepan dalam membantu kepolisian lalu lintas memberikan edukasi keselamatan berkendara dan tertib lalu lintas baik kepada mitra driver Gojek maupun kepada masyarakat umum sehingga diharapkan dapat terus mengurangi jumlah kecelakaan lalu lintas dan fatalitas korban kecelakaan."

Dalam Apel Keselamatan Berkendara, ratusan mitra driver Gojek yang hadir juga dinobatkan sebagai Pelopor Keselamatan Berkendara oleh Korlantas Polri sehingga diharapkan para mitra dapat mentaati tata tertib lalu lintas dalam berkendara sekaligus ikut menyebarkan kesadaran keselamatan berkendara kepada masyarakat di sekitarnya.

Dalam rangkaian #AmanBersamaGojek, Gojek juga memiliki berbagai fitur keamanan pada aplikasi, antara lain 'Tombol Darurat' yang dapat digunakan ketika pengguna berada dalam situasi darurat sehingga laporan pengguna dapat direspon dengan cepat oleh Customer Care dan Tim Unit Darurat Gojek yang siaga 24/7 dan mengadopsi perspektif korban.

Dengan fitur 'Bagikan Perjalanan', pengguna juga dapat membagikan keberadaannya kepada kerabat sehingga dapat dilacak secara langsung.

Berbagai upaya dari Gojek dan mitra driver tersebut membuahkan hasil. Terlihat dari hasil penelitian dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) bahwa Gojek telah menjadi layanan transportasi online yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia.

Lebih lanjut, penelitian tersebut mengungkapkan faktor keamanan menjadi faktor utama konsumen dalam memilih layanan transportasi online, diikuti oleh kualitas pelayanan dan kehandalan layanan yang dapat mendukung produktivitas.

Kolaborasi Gojek dan Korlantas Polri, Perkuat Komitmen Keselamatan Berkendara. (Gojek)

Direktur Jenderal Hubungan Darat, Kementerian Perhubungan, Irjen (Pol.) Hendro Sugiatno dalam sambutannya mengapresiasi keseriusan dan komitmen jangka panjang Gojek dalam meningkatkan keamanan dan keselamatan kepada seluruh pihak "Saya mengapresiasi langkah Gojek yang tidak berhenti berinovasi dalam memberikan dukungan serta perlindungan bagi mitra driver, salah satunya melalui edukasi keselamatan berkendara sehingga dapat terus memberikan pelayanan berkualitas bagi masyarakat. Keselamatan berkendara adalah faktor utama dalam penyediaan layanan transportasi bagi masyarakat. Besar harapan kami, mitra driver Gojek dapat terus menjadi contoh baik bagi masyarakat untuk tertib lalu lintas."

Turut hadir dalam acara apel dan bazaar swadaya tersebut, Ketua Komisi V DPR Republik Indonesia, Lasarus menjelaskan dalam arahannya, "Tidak dapat kita pungkiri bahwa transportasi daring terutama yang menggunakan sarana beroda dua, seperti yang difasilitasi oleh Gojek, sudah menjadi andalan dan kebutuhan primadona transportasi masyarakat. Maka penting bagi mitra driver Gojek untuk dapat menjadi ujung tombak dalam memberikan layanan transportasi yang selamat, aman, nyaman. Saya mengapresiasi inisiatif dari Manajemen Gojek dan Para Mitra Driver Gojek yang menyelenggarakan Apel Keselamatan pagi ini untuk dapat meningkatkan kesadaran dan juga pengetahuan Para Mitra Driver agar senantiasa mengutamakan keselamatan dan tertib lalu lintas. Saya percaya kegiatan Apel pagi ini dan rangkaian kegiatan pelatihan safety riding Gojek dapat terus bermanfaat bagi mitra driver Gojek untuk dapat jadi andalan dan duta-duta budaya keselamatan berlalu lintas."

Tak hanya Kualitas Layanan, Gojek Dukung Kesiapan Operasional Mitra lewat Program Swadaya

Pada Apel Keselamatan Berkendara dengan Korlantas, Gojek juga menghadirkan Bazar Swadaya sebagai dukungan konkret untuk operasional mitra driver yang nyaman dan aman.

Melalui program Bazar Swadaya yang rutin dijalankan di berbagai daerah, mitra driver Gojek dapat membeli produk perawatan kendaraan dan paket sembako dari para Partner Swadaya dengan harga terjangkau.

Program Gojek Swadaya telah diluncurkan sejak 2016 sebagai bentuk kepedulian Gojek kepada mitra driver untuk meringankan beban operasional sehari-hari mitra driver dan keluarganya.

Program ini terdiri atas berbagai kemudahan akses ke promo dan layanan dengan harga terjangkau yang selalu dapat diakses mitra driver Gojek melalui aplikasi GoPartner.

Mitra driver dapat dengan mudah terkoneksi dengan program perlindungan bekerja seperti BPJS Ketenagakerjaan dan berbagai asuransi terjangkau lainnya bagi diri dan keluarga yang dapat menjadi tambahan perlindungan diluar asuransi perjalanan yang telah diberikan Gojek.

Saat ini, Gojek Swadaya telah dimanfaatkan oleh lebih dari 450 ribu mitra driver di seluruh Indonesia dan dapat membantu mereka menghemat biaya operasional hingga 15% per bulannya.

BACA SELANJUTNYA

Layanan Hemat, Upaya Gojek Perluas Pasar sekaligus Dorong Peluang Pendapatan Mitra