Kamis, 22 Februari 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 24 Mei 2023 | 18:13 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Pelaksana Tugas Menteri Komunikasi dan Informatika (PLT Menkominfo) Mahfud MD menyampaikan fakta baru soal kasus korupsi BTS 4G yang menjerat Menteri Kominfo Johnny G Plate.

Mahfud MD menjelaskan kalau proyek pembangunan BTS 4G sebanyak 4.2000 unit pada 2020-2021 kemarin sebenarnya hanya memerlukan sepertiga total anggaran.

Anggaran proyek pembangunan BTS 4G yang dijalankan tersebut mencapai Rp 10 trilian. Sedangkan menurut Mahfud MD, sebenarnya hanya butuh Rp 3-4 triliun saja.

"Dari kasus uang yang sudah keluar itu (Rp 10 triliun) sebenarnya kelayakan barang yang sudah dibuktikan itu, menurut perhitungan yang rasional itu, hanya sepertiga harganya," ungkap Mahfud MD dalam konferensi pers di Kantor Kominfo, Selasa (23/5/2023).

Diakui Mahfud MD, perkiraan anggaran untuk pembangunan BTS 4G ini diperolehnya dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) hingga pendapat para ahli.

Menkopolhukam Mahfud MD saat konferensi pers pertama sebagai PLT Menkominfo yang menggantikan Johnny G. Plate di Kantor Kominfo, Jakarta Pusat, Senin (22/5/2023). [Suara.com/Dicky Prastya]

"Jadi dari yang Rp 10 triliun itu, yang sekarang keluar itu sebenarnya 4.200 tower yang akan dibangun itu cukup dengan ya kira-kira Rp 3-4 triliun gitu," ucap dia.

"Tapi itu dianggarkan Rp 10 triliun lebih, lalu dikeluarkan uangnya, lalu ndak jadi barang juga," keluh Mahfud MD.

Kendati begitu Mahfud MD bakal menindaklanjuti proyek pembangunan BTS yang dilakukan BAKTI Kominfo itu. Sebab dia tidak mau kalau proyek itu terbengkalai

"Bagaimana selanjutnya? Nanti kami akan bicarakan ke dalam. Pokoknya proyek itu tidak boleh putus karena akan membuang energi kita dan biaya yang sudah 17 tahun berlangsung," tegasnya.

Secara total, Kementerian Kominfo menganggarkan dana Rp 28 triliun untuk pembangunan 7.904 menara BTS 4G untuk wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T).

Rencananya dari total 7.904 tower, Kementerian Kominfo membaginya menjadi 4.200 BTS di tahap 1 pada 2021 dan 3.704 sisanya di tahun 2022. Hanya saja proyek itu justru dikorupsi oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G Plate.

Itulah fakta baru dari kasus korupsi proyek BTS 4G yang menjerat Menteri Kominfo Johnny G Plate. (Suara.com/ Dicky Prastya)

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Kasus Korupsi BTS Bikin Surya Paloh Terancam Hukuman Mati, Benarkah?