Minggu, 16 Juni 2024
Cesar Uji Tawakal : Sabtu, 27 Mei 2023 | 20:23 WIB

Hitekno.com - Opera, salah satu browser terbesar, mengumumkan bahwa mereka akan menyertakan kecerdasan buatan bernama Aria dalam browser mereka.

Aria akan melakukan pencarian di internet dan memberikan jawaban atas pertanyaan apa pun yang Anda miliki, termasuk tentang fitur-fitur Opera.

Dilansir dari Android Police, Aria iniberbasis pada GPT milik OpenAI, Aria diklaim mampu mencari di internet dan memberikan jawaban berdasarkan peristiwa terkini, tidak terbatas pada data hingga tahun 2021 seperti ChatGPT.

Selain itu, kecerdasan buatan ini juga menguasai dokumentasi dukungan Opera sehingga dapat membantu Anda jika mengalami masalah dengan browser tersebut.

Aria dapat membantu Anda dalam berbagai hal yang biasanya dilakukan oleh chatbot AI lainnya.

Opera Mini. (ist)

Anda dapat meminta Aria untuk membuat lelucon yang belum pernah diceritakan sebelumnya, meminta lirik lagu, atau bahkan meminta bantuan dalam menulis kode. Kemungkinan penggunaannya sangat luas.

Jika ini terdengar familiar bagi Anda, itu karena memang benar. Microsoft Edge, browser milik Microsoft yang disertakan dalam komputer Windows 11, juga telah menggunakan kecerdasan buatan generatif ketika Microsoft mengubah mesin pencarian Bing mereka menjadi chatbot yang sangat baik.

Namun, untuk adil pada Opera, mereka telah mencoba terlibat dalam permainan kecerdasan buatan untuk beberapa waktu.

Mereka pertama kali memperkenalkan pintasan akses ke ChatGPT sebelum meluncurkan browser Opera One yang direkayasa ulang, dengan lebih banyak ruang untuk fitur-fitur kecerdasan buatan.

Pengguna dapat mencoba Aria dengan mengunduh browser Opera One di PC mereka atau browser Opera di smartphone (versi beta untuk keduanya).

BACA SELANJUTNYA

Microsoft akan Sajikan Bing Chat ke Browser Selain Edge