Senin, 27 Mei 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Minggu, 28 Mei 2023 | 08:08 WIB

Hitekno.com - Tak hanya tersemat pada chatbot, teknologi Artificial Intelligence (AI) kini merambah ke industri media digital. Teknologi tersebut menghadirkan inovasi yang mampu menyajikan berita layaknya presenter manusia.

Salah satu perusahaan yang mengembangkan teknologi AI di industri media digital adalah Widya Wicara.

Mereka menghadirkan Virtual News Anchor yang diharapkan dapat mempermudah proses produksi berita.

Virtual News Anchor merupakan terapan AI yang dipersonalisasi sebagai pembawa acara berita manusia. Teknologi yang digunakan dalam sistem ini dapat menirukan suara dan gerakan wajah manusia sehingga terlihat seperti sebuah video presentasi yang dilakukan oleh manusia.

Hal tersebut membuat Virtual News Anchor menjadi sebuah solusi inovatif dalam mempercepat dan memudahkan proses produksi berita di media massa.

Ilustrasi News Anchor. (Suara.com)

“Biaya produksi perusahaan pastinya akan lebih hemat karena penggunaan Virtual News Anchor tidak memerlukan banyak peralatan. Bahkan, Virtual News Anchor kami ini dapat menyesuaikan hingga menciptakan avatar sendiri," ujar Defi Ariyani selaku Business Development Widya Wicara dalam keterangannya.

Virtual News Anchor dari Widya Wicara dilengkapi dengan 7 karakter pilihan suara dan dapat mengkonversi teks menjadi suara hingga 7 kali lebih cepat dari manusia. Kecepatan dan tinggi-rendah suara pun dapat diatur sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, Virtual News Anchor terbebas dari bias yang dapat membantu menyampaikan berita secara objektif.

Konsistensi dan akurasi yang tinggi dalam Virtual News Anchor juga memberikan keuntungan dalam membawakan berita yang dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap media.

“Ini momen bagus, harusnya TV atau media lain mulai menerapkan AI sebagai presenter mereka seperti yang dilakukan oleh salah satu stasiun TV swasta," ujar Defi.

“Ini akan jadi gebrakan baru di dunia media. Penerapan teknologi AI dalam Virtual News Anchor ini akan membantu media dalam menghasilkan konten yang berkualitas. Tentunya ini akan mempengaruhi jumlah visitornya. Jadi secara tidak langsung, penerapan teknologi ini akan semakin meningkatkan keuntungan bagi media," imbuhnya.

Virtual News Anchor dari Widya Wicara tidak hanya sebagai pembawa berita saja, tetapi juga dapat digunakan dalam berbagai jenis produksi konten audio visual.

Dalam aktivitas lainnya, teknologi AI ini dapat digunakan bagi para trainer dalam sesi pembelajaran atau pengembangan skill hingga mampu memperkenalkan produk secara detail dengan virtual assistant.

Secara keseluruhan, teknologi Virtual News Anchor yang dimiliki oleh Widya Wicara ini memungkinkan perusahaan media untuk menghasilkan konten berkualitas tinggi dengan cepat dan efisien.

Sehingga teknologi ini dapat membawa perubahan besar dalam industri media dan memberikan pengalaman baru bagi konsumen. (Suara.com/ Arif Budi)

BACA SELANJUTNYA

Canggih, Begini Inovasi Teknologi Terkini pada Honda CBR 150