Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 01 Juni 2023 | 14:29 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Alibaba Cloud resmi mengumumkan model bahasa berskala besar (LLM), Tongyi Qianwen, telah diintegrasikan ke dalam asisten AI yang diberi nama Tingwu. Apa yang didapankan Tingwu dari mengintegrasikan Tongyi Qianwen?

Asisten AI Tingwu ini bisa melakukan proses konversi bahasa lisan dan video menjadi teks secara langsung, yang dirancang untuk meningkatkan produktivitas baik untuk pengguna pribadi ataupun tempat kerja.

Teknologi LLM yang baru saja dirilis ini dapat membantu Tingwu untuk memahami dan menganalisis konten multimedia dengan tingkat akurasi dan efisiensi yang tinggi, seperti membuat ringkasan teks dari file video dan audio, menangkap pokok-pokok pembicaraan utama dari setiap orang yang berbicara, dan membuat timeline ringkasan pada setiap bagiannya dari materi multimedia.

Tingwu yang didukung dengan sistem LLM, disebut “Tongyi Tingwu”, sekarang dapat diakses dalam masa uji coba terbatas. Tongyi Tingwu akan terintegrasi pada DingTalk - platform tempat kerja digital berbasis kolaborasi dan pengembangan aplikasi milik Alibaba, dalam membantu memenuhi tumbuhnya permintaan pengguna akan AI di tempat kerja.

Selain meningkatkan efisiensi di tempat kerja, Tongyi Tingwu juga dapat digunakan di berbagai platform multimedia, merespons meningkatnya kebutuhan untuk berbagi pengetahuan secara cepat dan kemudahan dalam membagikan materi kursus pelatihan daring, wawancara, livestreaming, podcast, dan video berdurasi pendek.

"Kita hidup di era di mana semakin banyak konten video dan audio yang dikonsumsi dalam berbagai format setiap harinya. Senada dengan hal ini, Tongyi Tingwu bertujuan untuk memanfaatkan model bahasa berskala besar dalam mempercepat dan meningkatkan kualitas proses pemahaman, termasuk kemudahan untuk berbagi materi multimedia,” ujar Jingren Zhou, CTO Alibaba Cloud Intelligence. 

"Sebagaimana kami telah secara bertahap mengintegrasikan model Tongyi Qianwen ke dalam produk dan layanan kami, kami berharap para pengguna dapat memanfaatkan inovasi AI yang mengagumkan ini untuk bekerja, belajar, bermain, dan berinteraksi satu sama lain." lanjutnya.

Dengan memanfaatkan model audio dan video eksklusif yang dikembangkan oleh lembaga penelitian Alibaba, DAMO - termasuk pengidentifikasi suara model Paraformer yang secara mandiri dikembangkan, dan model verifikasi pembicara, CAM ++, termasuk dengan LLM Tongyi Qianwen yang baru saja dirilis, Tingwu dapat mentranskripsi dokumen video dan audio dengan akurasi yang lebih tinggi serta mengoptimalkan berbagai fitur bertenaga AI.

Fitur AI terbaru yang diperkenalkan oleh Tongyi Tingwu akan tersedia akhir tahun ini. Fitur-fitur ini termasuk menyusun jawaban teks secara otomatis untuk menjawab pertanyaan pengguna di seluruh file audio/video, membuat ringkasan berdasarkan slide PowerPoint yang diekstrak dari video, dan menyediakan terjemahan real-time antara bahasa Inggris dan bahasa Mandarin untuk konten multimedia dengan Tingwu sebagai plugin Chrome.

Masyarakat umum dapat mengakses model asisten berbasis AI paling baru mulai hari ini secara daring di (tingwu.aliyun.com) untuk dapat merasakan kehebatan AI melalui akun Alibaba Cloud pribadi, dimana ini termasuk layanan transkripsi gratis sebagai bagian dari uji coba terbuka.

Alibaba Cloud juga mengumumkan bahwa, sejak Tongyi Qianwen diluncurkan pada tanggal 11 April yang dijadwalkan akan diintegrasikan di berbagai bisnis Alibaba untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam waktu dekat.

Model AI ini dijadwalkan untuk diintegrasikan di berbagai bisnis Alibaba guna meningkatkan pengalaman pengguna dalam waktu dekat. Pelanggan dan pengembang perusahaan akan memiliki akses ke model ini untuk membuat fitur AI khusus yang juga lebih hemat dari segi biaya.

Alibaba sebagai pelopor cloud juga meluncurkan "Program Kemitraan Tongyi Qianwen," dengan tujuan untuk bersama-sama menciptakan model bahasa berskala besar yang dirancang khusus untuk berbagai industri dengan mitra di berbagai sektor, termasuk petrokimia, listrik, transportasi, perhotelan, layanan perusahaan, telekomunikasi, dan keuangan.

BACA SELANJUTNYA

Pencapaian Alibaba Cloud dalam Sistem Manajemen Database Cloud