Kamis, 30 Mei 2024
Cesar Uji Tawakal : Senin, 05 Juni 2023 | 08:15 WIB

Hitekno.com - Asisten digital dari Microsoft, yaitu Cortana, sepertinya akan meninggalkan sistem operasi Windows. Menurut laporan terbaru dari XDA Developers, hal ini disebabkan karena Cortana tidak dapat bersaing dengan Amazon Alexa, Google Assistant, dan Siri.

Meskipun Cortana merupakan alat yang berguna untuk membantu navigasi produk Microsoft, namun ia tidak memiliki daya tahan yang sama seperti asisten lainnya.

Selama beberapa tahun terakhir, perlu diketahui bahwa Cortana bak tenggelam dan makin tak populer. Namun, Microsoft berencana untuk melangkah maju dan mengimplementasikan Copilot yang menggunakan GPT-4 ke dalam produk-produknya.

Dilansir dari Android Headlines, Microsoft telah melakukan langkah besar dalam bidang kecerdasan buatan dengan menggunakan ChatGPT sebagai mesin utamanya. Minggu lalu, perusahaan ini memperkenalkan Windows Copilot yang seharusnya menjadi pengganti Cortana. Yang lama akan digantikan oleh yang baru.

Ilustrasi aplikasi Cortana di mobile. (YouTube/ Pocketnow)

Namun, Aaron Woodman dari Microsoft memberitahu XDA Developers bahwa Copilot tidak akan menjadi pengganti Cortana. Ia sangat tegas dalam pernyataannya, yang membuat semakin lucu ketika dokumen dukungan dari perusahaan menyatakan bahwa dukungan untuk Cortana di PC akan dihentikan pada akhir tahun ini.

Microsoft tidak memberikan tanggal pasti atau perkiraan yang jelas; mereka hanya menyebutkan akhir tahun 2023. Tampaknya Cortana hanya memiliki beberapa bulan lagi di Windows.

Asisten suara tersebut tidak sepenuhnya terintegrasi dalam sistem operasi, melainkan berfungsi sebagai aplikasi mandiri. Letaknya sangat tersembunyi, sehingga banyak orang mungkin tidak mengetahuinya.

Jika Anda adalah pengguna setia Cortana, maka mungkin Anda perlu mengucapkan selamat tinggal dalam beberapa bulan ke depan.

Namun, kepergian Cortana dari Windows tidak berarti bahwa ia akan hilang sama sekali. Microsoft menegaskan bahwa Cortana masih akan tersedia di Outlook mobile, Teams display, Teams mobile, dan Teams rooms. 

BACA SELANJUTNYA

Cara Menghilangkan Header dari Halaman Kedua di Microsoft Word