Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 09 Juni 2023 | 11:32 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Beredara video yang mengklaim kalau legenda sepak bola Argentina, Juan Sebastian Veron menolak bayaran dari PSSI untuk menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia. Benarkah Juan Sebastian Veron Tolak Bayaran PSSI demi jadi asisten pelatih Timnas Indonesia seperti klaim konten tersebut? Simak hasil CEK FAKTA berikut ini.

Dilansir dari CEK FAKTA Bolatimes.com,  konten tersebut beredar dengan klaim Juan Sebastian Veron Tolak Bayaran PSSI demi jadi asisten pelatih Timnas Indonesia.

Video tersebut diunggah oleh kanal YouTube Kreator Bola pada Minggu (4/6/2023). Dalam judulnya, sang pengunggah menyebut bahwa Juan Sebastian Veron menolak bayaran dari PSSI demi menjadi asisten pelatih Timnas.

"Bikin Kagum!! Sebastian Veron Tolak Bayaran PSSI demi Jadi Asisten Pelatih Timnas Indonesia," bunyi judul yang disematkan kanal YouTube Kreator Bola dalam video unggahannya tersebut.

Lalu, bagaimana hasil CEK FAKTA yang sesungguhnya? Benarkah Juan Sebastian Veron memiliki keinginan untuk menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia?

PENJELASAN

Jika melihat secara rinci video unggahan kanal YouTube Kreator Bola yang berdurasi 3:03 menit itu, tidak ada sama sekali penjelasan soal Juan Sebastian Veron yang menolak bayaran dari PSSI. 

Bahkan, tak ada pula pernyataan Juan Sebastian Veron yang menegaskan klaim tersebut. Sebagian besar isi dari video ini memang hanya berkaitan dengan kunjungan Juan Sebastian Veron di Indonesia.

Sebab, video ini hanya mengutip pernyataan Veron yang menyebut bahwa dirinya kagum dengan potensi para pesepak bola muda Indonesia yang bisa menjadi pemain baik untuk masa depan.

"Talenta muda yang dimiliki Indonesia cukup bagus. Saya melihat banyak talenta muda di seluruh dunia, termasuk disini, Mereka mau bekerja keras, para pelatih juga bagus. Jadi timnas Indonesia punya masa depan yang baik," ujar narator menirukan pernyataan Veron.

Kemudian, video ini juga menyisipkan pernyataan Veron yang ingin bertahan di Indonesia lebih lama. Sebab, dia menantikan pertandingan FIFA Matchday antara Timnas Indonesia melawan Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

"Saya merasa senang sekali berada disini. Mereka sangat menyukai sepak bola. Mungkin saya akan menunggu laga Argentina versus Indonesia di tanggal 19 nanti," ujar narator tersebut mengutip pernyataan Veron.

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa narasi yang coba dibangun kanal YouTube Kreator Bola soal Juan Sebastian Veron tidak sesuai dengan fakta yang sesungguhnya.

Pasalnya, Juan Sebastian Veron sama sekali tak pernah membuat pernyataan bahwa dirinya menolak bayaran dari PSSI demi menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia.

Judul yang dipilih oleh kreator video tersebut juga dapat dikategorikan sebagai false connection atau koneksi yang salah karena tidak ada kesesuaian dengan isi yang disajikan.

Itulah hasil CEK FAKTA soal konten yang mengklaim Juan Sebastian Veron Tolak Bayaran PSSI demi jadi asisten pelatih Timnas Indonesia yang ternyata tidak benar. (Bolatimes.com/ M Faiz Alfarizie)

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.comDibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

BACA SELANJUTNYA

Tak Mau ke Indonesia, Lionel Messi Pilih Pulang ke Kampung Halaman