Kamis, 30 November 2023
Agung Pratnyawan : Sabtu, 24 Juni 2023 | 20:39 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - PT Arkadia Digital Media Tbk (IDX: DIGI) merasa optimis meraih kinerja positif pada tahun 2023. Optimisme ini antara lain dilandaskan pada dari kinerja Perseroan pada triwulan pertama tahun 2023 yang mencatatkan kenaikan pendapatan.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama PT Arkadia Digital Media Tbk, Suwarjono dalam sesi agenda Paparan Publik atau Public Expose (Pubex) 2023 yang digelar dari Jambuluwuk Hotel Thamrin, Jakarta, Jumat (23/6/2023). Paparan Publik ini sendiri dilaksanakan secara online melalui platform eASY.KSEI dan ditayangkan langsung melalui Zoom.

Dalam sesi acara yang sebelumnya didahului oleh agenda Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan PT Arkadia Digital Media Tbk, itu Suwarjono memaparkan bahwa pada triwulan pertama tahun 2023, Perseroan mencatatkan pendapatan sebesar Rp12,7 miliar atau naik sekitar 59 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Dijelaskannya, kenaikan pendapatan ini adalah berkat kenaikan trafik pembaca yang berimbas pada pendapatan iklan programatik. Selain itu, disebutkan pula bahwa pendapatan Perseroan juga bersumber dari aktivitas selaku event organizer, baik event yang dirancang dan dikelola sendiri maupun event dari klien.

"Kami sangat optimis dapat menutup banyak 'lubang' sebelumnya, dengan melakukan refocusing lini bisnis pada hal-hal yang mendatangkan revenue. Tidak hanya satu bisnis, kami melihat masih ada lima atau enam diversifikasi usaha terkait bisnis digital. Saya lihat (bisnis ini) ke depan akan makin menarik dan berkembang," ujar Suwarjono.

Dalam Paparan Publik itu Suwarjono juga memaparkan bahwa terhadap jasa sebagai event organizer, Perseroan bahkan menargetkan setiap bulannya dapat mengelola minimal satu kegiatan besar.

Prospek usaha lainnya, menurut Suwarjono, adalah dengan melanjutkan program yang melibatkan lembaga internasional yaitu International Media Support (IMS). Dalam kerja sama program ini, Suara.com menjadi tulang punggung pengembangan media lokal di Indonesia, yang antara lain dilakukan lewat kegiatan Local Media Summit (LMS).

"Berikutnya, salah sebuah inovasi baru yang hendak dicoba oleh Perseroan adalah melalui program pengelolaan influencer media sosial. Hal ini disiapkan setelah melihat adanya tren belanja iklan, baik dari lembaga pemerintah maupun swasta, yang mulai bertambah besar porsinya ke media sosial," tuturnya.

"Dalam hal ini, kami akan banyak melibatkan para pegiat media sosial di masing-masing platform. Untuk itu, Perseroan pun telah memulai langkah-langkahnya dalam mengembangkan sumber pendapatan baru tersebut, tepatnya yaitu melalui program Nexus Creator Hub," kata Suwarjono pula.

Adapun dalam agenda RUPS Tahunan yang berlangsung sebelumnya, para pemegang saham antara lain menyetujui adanya perubahan susunan direksi, termasuk juga persetujuan pengunduran diri Erfan Suryono dari posisi Direktur Perseroan.

Dengan perubahan ini, maka susunan baru Direksi dan Dewan Komisaris PT Arkadia Digital Media Tbk kini terdiri dari Direktur Utama (CEO) Suwarjono, serta Fastabiqul Khair Algatot sebagai Direktur. Sedangkan Dewan Komisaris tetap diisi oleh Stephen Kurniawan Sulistyo selaku Komisaris Utama, Iwa Sukresno Karunia selaku Komisaris, dan Ariyo Ali Suprapto selaku Komisaris Independen.

"Atas nama Perseroan, kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Erfan Suryono, atas dedikasi dan pengabdian yang diberikan selama menjabat sebagai Direktur," ujar Komisaris Utama PT Arkadia Digital Media Tbk, Stephen Sulistyo dalam sesinya saat memimpin rapat.

Sementara itu, Komisaris PT Arkadia Digital Media Tbk, Iwa Sukresno Karunia, dalam salah satu sesi RUPS saat memaparkan laporan Dewan Komisaris, pun tak lupa menyampaikan optimisme sekaligus ucapan terima kasih kepada segenap jajaran manajemen dan karyawan.

"Demikian juga tentunya, ucapan terima kasih kepada segenap karyawan yang menjadi inti dari gerak dan aktivitas Perseroan selama ini. Semoga kita semua dapat terus bekerja sama dengan baik hingga jauh ke depan," ucap Iwa.

BACA SELANJUTNYA

Saham Pfizer Anjlok Seiring Menurunnya Permintaan Obat Covid