Sabtu, 15 Juni 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 03 Juli 2023 | 16:54 WIB

Hitekno.com - Dell Technologies resmi mengumumkan para pemenang dari tantangan "Reimagined: #BuiltWithPrecision" di Asia Pasifik dan Jepang (APJ). Juara pertamanya disabet oleh desainer arsitek asal Bandung, Indonesia.

Tantangan berdurasi 30 hari yang berlangsung dari 11 April hingga 10 Mei 2023 tersebut diikuti oleh 12 kreator berbakat dari enam negara untuk mendemonstrasikan inovasi dan kreativitas mereka dengan menata ulang lokasi-lokasi yang telah dipilih sebelumnya – menggunakan workstation Dell Precision.

Semua hasil karya yang masuk dievaluasi oleh panel juri dari Dell Technologies. Dari wilayah APJ – Paul Carter, vice president, Client Solutions Group; Carol Lindell, vice president, Marketing; Vivian Tai, head of Global Environmental Affairs dan Production Responsibility. Sementara juri global termasuk Patrick Jones, senior advisor, Social Business Team dan Paul Doczy, design director, Mobile Business Product dan IOT.

Semua konsep desain yang masuk dinilai berdasarkan sejumlah kriteria yang mencakup total inovasi konsep, kualitas desain, penggunaan teknologi canggih, unsur keberlanjutan, serta relevansi konsep desain dengan konteks budaya lokal yang ada.

"Para peserta telah menginspirasi dan membuat kami terkesan dengan kreativitas mereka yang luar biasa," kata Paul Carter.

"Dell Precision membuktikan bahwa teknologi bisa mendorong inovasi dan mewujudkan ide. Benar-benar luar biasa bagaimana para kreator ini mampu memanfaatkan fitur-fitur canggih dari workstation Dell Precision untuk menembus batas-batas desain saat mereka menghidupkan kembali lokasi-lokasi pilihan melalui konsep desain mereka dan merancang ulang lokasi-lokasi tersebut agar relevan dengan dunia saat ini." lanjutnya.

Hanif Aldjaidi, seorang desainer arsitek dari Bandung, Indonesia, dinobatkan sebagai Juara Umum. Dibekali mobile workstation Dell Precision 7670, Hanif menciptakan sebuah desain konsep berjudul â€˜Collaborative and Co-Living Space’ - ia mengubah sebuah kuburan kereta api tua menjadi sebuah pusat kolaborasi dan co-living, dilengkapi dengan berbagai elemen gaya hidup seperti perpustakaan, gerai kopi, dan fasilitas olahraga yang diintegrasikan secara kreatif ke dalam gerbong-gerbong kereta.

Juara Kedua, Tan Yong Lin adalah seorang fotografer dan seniman digital berusia 27 tahun dari Cyberjaya, Malaysia. Konsep desainnya yang berjudul â€˜The Time Capsule’ mendemonstrasikan pendekatan yang penuh pertimbangan saat merekayasa ulang kota Papan yang bersejarah di negara bagian Perak, Malaysia.

Yong Lin menggunakan mobile workstation Dell Precision 7770 untuk tidak saja memperbaiki bangunan-bangunan bersejarah di kota ini seperti di masa kejayaannya dulu, tetapi juga menghidupkannya kembali dengan mengubah bangunan-bangunan tersebut menjadi kafe, museum, dan galeri seni. Konsepnya termasuk membangun konstruksi rumah kaca khusus untuk melindungi pohon beringin ikonis yang ada di kota tersebut – dengan demikian, meremajakan kota Papan menjadi sebuah kota tujuan yang menarik untuk penduduk lokal dan wisatawan.

Pemenang kategori

Dell Technologies juga memberikan penghargaan kepada beberapa peserta yang karyanya menonjol, tidak saja dari dari sisi keunggulan desain, tapi juga dari cara mereka memasukkan elemen teknologi inovatif dan keberlanjutan ke dalam desain konsep mereka.

Tiga pemenang dari kategori khusus: Keberlanjutan, Desain, dan Teknologi.

  • Keberlanjutan: Flevy Harris, 20, Seniman 3D, India
  • Desain: Rohan Urs, 23, Arsitek, India
  • Teknologi: Nur Nadhrah A, 30, Desainer Arsitektur, Malaysia

"Saya kagum dengan kreativitas dan inovasi luar biasa yang ditampilkan oleh ketiga pemenang kategori. Sama-sama menggunakan Russell Market sebagai sumber inspirasi, Flevy berhasil mengintegrasikan aspek keberlanjutan ke dalam desainnya untuk mengubah pasar tersebut menjadi sebuah tempat yang tidak saja menarik tapi juga penuh kehidupan dan ramah lingkungan, sementara Rohan memilih untuk melestarikan warisan sejarah dan keindahan bentuk pasar tersebut dengan menciptakan perpaduan sempurna antara kreativitas dan melindungi nilai sejarah tempat tersebut. Dan terakhir, Nur Nadrah memadukan elemen kerajinan dan teknologi untuk mengubah kota Papan menjadi sebuah pusat pengetahuan, keterampilan, dan cerita. Bakat dan antusiasme yang ditunjukkan dalam merancang ulang lokasi-lokasi pilihan mereka benar-benar menginspirasi," tambah Carol Lindell.

Seluruh pemenang akan menerima mobile workstation Precision yang diumumkan awal tahun ini. Hanif, juara umum, dan Yong Lin, juara kedua, masing-masing akan menerima Dell Precision 7780 dan Precision 7680. Sementara ketiga pemenang kategori, masing-masing akan menerima Dell Precision 5680.

Seluruh pemenang juga akan menerima satu set Dell Premier Collaboration Keyboard dan Mouse (KM900), yang terdiri dari keyboard kolaborasi bersertifikasi Zoom pertama di duniai, Dell Premier Collaboration Keyboard (KB900) dan Dell Premier Rechargeable Mouse (MS900) baru.

BACA SELANJUTNYA

Dell Tawarkan Solusi PC yang Mendukung Bekerja dari Mana pun