Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Minggu, 15 Juli 2018 | 15:57 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Jika kamu membaca judul yang tertulis di atas kamu pasti kebingungan atau mengira telah salah baca. Tapi santai saja, kamu tidak salah baca karena memang ada es sepanas Matahari.

Jenis es tersebut termasuk jenis es yang sangat rumit. Es superionik berperilaku sebagai partikel padat dan cair. Dengan kata lain, es itu 60 kali lebih padat dari air es yang biasa kita temukan di Bumi.

Es tersebut terbentuk pada suhu yang hampir sama dengan suhu permukaan Matahari. Partikel itu disebut dengan es superionik, es yang biasanya ada di luar angkasa.

Es bertekanan tinggi itu biasanya terletak di planet Uranus dan Neptunus. Namun ilmuwan berhasil menciptakan es superionik di sebuah laboratorium yang terletak di Bumi.

Pembentukan Es Superionik dengan Laser(Sumber: M. Millot/E. Kowaluk/J.Wickboldt/LLNL/LLE/NIF)

Dilansir dari Livescience, para ilmuwan sebenarnya telah menemukan es tersebut pada 30 tahun yang lalu. Untuk pertama kalinya, Ilmuwan memprediksi adanya fase air aneh yang membuat zat padat dan cair bersamaan.

Selama fase superionik, hidrogen dan oksigen berada di dalam molekul air yang berperilaku aneh. Ion hidrogen bergerak seperti cairan di dalam kristal-kristal padat.

Untuk pertama kalinya di dunia, membuat es menjadi sangat rumit. Ilmuwan memadatkan air menjadi es kristal kubik yang ultra kuat. Kristal itu berbeda dari kristal es yang kamu lihat di es batu.

Untuk menghasilkan es sepanas Matahari, para peneliti menggunakan sel anvil berlian untuk menerapkan 360.000 pon per inci persegi. Hal itu setara dengan tekanan 2,5 gigapascals (GPa) atau sekitar 25.000 kali tekanan atmosfir di Bumi.

Selanjutnya para peneliti memanaskan dan mengompresi sel-sel tersebut lebih jauh lagi menggunakan sinar laser. Setiap struktur es kristal menerima enam sinar laser yang berarti lebih dari 100 kali tekanan yang ada.

Partikel Es Superionik (Sumber: S. Hamel/M. Millot/J.Wickboldt/LLNL/NIF)

Setelah es superionik siap, tim bergerak cepat untuk menganalisis sifat optik dan termodinamiknya. Mereka hanya memiliki 10 hingga 20 nanodetik untuk melakukan pengamatan, sebelum gelombang tekanan melepaskan kompresi, dan air terlarut.

Hasilnya sangat mengagetkan. Mereka menemukan bahwa es mencair di suhu 8,540 derajat Fahrenheit (4.725 derajat Celcius) pada 29 juta pon per inci persegi (200 GPa) tekanan. Tekanan itu sekitar 2 juta kali tekanan atmosfer di Bumi.

"Ini ... membingungkan ! ketika air es beku hadir pada ribuan derajat di dalam planet-planet ini, tapi itulah yang ditunjukkan eksperimen," Raymond Jeanloz, seorang rekan penulis studi dan fisikawan planet di University of California, Berkeley.

Es superionik itu sulit dipercaya, hal itu karena partikel terbentuk pada temperatur dan tekanan ekstrim serta meleleh pada 4.700 derajat Celcius. Sebagai perbandingan, permukaan Matahari adalah 5.500 derajat Celcius. Penelitian tentang es superionik atau es sepanas Matahari telah dipublikasikan di Nature Physics pada bulan Februari lalu.

BACA SELANJUTNYA

Ilmuwan Temukan Koridor Misterius di Piramida Cheops Mesir