Kamis, 28 Maret 2024
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 26 Juli 2018 | 19:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Airbus tampaknya selangkah lebih maju di dunia penerbangan karena meluncurkan pesawat kargo berukuran massif. Perusahaan itu sukses melakukan percobaan terbang pertama kali dengan Airbus BelugaXL.

Airbus BelugaXL merupakan penerus dari Beluga ST dan memiliki kapasitas muatan 30 persen lebih banyak. Pesawat yang dijuluki "The Whale of The Sky" atau Paus Langit ini baru saja melakukan penerbangan pertama kalinya pada Jumat lalu.

Paus Langit berhasil terbang pada tanggal 19 Juli dari Bandara Toulouse di Prancis. Dikutip dari Ubergizmo, Airbus berencana mengoperasikan secara penuh BelugaXL pada pertengahan 2019.

Sumber: Ubergizmo

Paus Langit menjadi julukan yang tepat karena di antara kebanyakan pesawat komersial, ukuran pesawat ini terlihat sangat besar. Nama Beluga diambil dari nama spesies paus putih.

BelugaXL mempunyai panjang 63,1 meter, tinggi 18,9 meter dengan lebar sayap 60,3 meter. Paus Langit akan ditenagai dengan mesin turbo Rolls Royce Trent 700.

Airbus menghabiskan hampir 1 miliar euro atau Rp 16,9 triliun. BlugaXL mampu membawa muatan hingga 53 ton dan dapat terbang sejauh 4.074 kilometer dengan sekali pengisian bahan bakar.

Selain berukuran sangat besar, pesawat ini cukup unik karena badan pesawat dan juga muka pesawat benar-benar mirip ikan paus. Bagian depan pesawat terdapat ruangan besar yang menggelembung sehingga ketika dilihat benar-benar mirip paus Beluga.

Airbus BelugaXL akan ditingkatkan produksinya menjadi delapan unit pada tahun 2021.