Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Jum'at, 31 Agustus 2018 | 19:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Baru-baru ini para peneliti menciptakan sebuah prototipe mata bionik yang bisa membantu seseorang yang mengalami kebutaan untuk bisa melihat.

Temuan mata biotik ini dibuat oleh ilmuwan dari University of Minnesota, Amerika Serikat dan sudah resmi dipublikasikan di jurnal Advanced Materials.

Mata bionik ini dibuat oleh para peneliti dengan menggunakan printer 3D dan reseptor cahaya dalam sebuah kubah kaca kecil berukuran serupa dengan bola mata.

Pertama, para peneliti mencetak model 3D dengan partikel silver sebagai material dasar, kemudian menambahkan fotodioda dan semikonduktor yang bisa mengubah cahaya menjadi arus listrik di bagian atas material dasar tersebut.

Mata bionik. (IFL Science)

Model 3D ini yang nantinya akan berubah menjadi prototipe mata yang 25 persen mampu mengubah cahaya menjadi arus listrik. Alat tersebut akan mampu membuat otak menginterpretasikan sinyal dari situasi nyata yang terlihat.

Sayangnya, prototipe mata bionik ini masih perlu beberapa waktu untuk menyempurnakannya agar bisa digunakan secara rutin.

Pencapaian besar tim peneliti ini bukanlah yang pertama. Sebelumnya pada tahun 2013, para peneliti berhasil menciptakan organ buatan seperti kuping bionik.

Sedangkan tahun lalu, tim ini berhasil membuat kulit bionik bagi robot yang mampu membuat robot dapat merasakan sentuhan.

Pencapaian-pencapaian ini membuat tim peneliti berharap untuk bisa mengembangkan mata bionik dengan menambahkan resptor cahaya lebih banyak.

Selain itu dengan menggunakan material lembut yang memungkinkan alat ini dapat digunakan pada mata asli manusia.

Jauh hari, tepatnya pada tahun 2016, Inggris pernah mengembangkan alat melalui operasi untuk bisa dimasukkan ke dalam retina mata seseorang untuk membantu penglihatannya.

Kita nantikan hingga mata bionik yang bisa membantu orang buta melihat ini dikembangkan dengan sempurna ya.

BACA SELANJUTNYA

Siapa Ibnu Al Haitam? Ternyata Kontribusinya di Bidang Optik Bikin Tercengang