Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Kamis, 20 September 2018 | 17:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Para ilmuwan terkenal gemar membuat berbagai eksperimen. Eksperimen yang dilakukan memang tidak semuanya langsung memberikan hasil memuaskan. Terkadang para ilmuwan juga harus menemui kegagalan sebelum akhirnya sukses dengan eksperimennya.

Beberapa penemuan luar biasa dari para ilmuwan terbukti sangat bermanfaat dan membantu keseharianmu.

Sayangnya, di balik kisah sukses para ilmuwan membuat sebuah penemuan, diiringi oleh kisah duka yang kadang tidak terjamah oleh kita sekarang ini.

Berikut beberapa ilmuwan yang tewas karena penemuannya sendiri.

1. Marie Curie

Marie Curie. (Brain Pickings)

Marie Curie menjadi wanita peraih penghargaan Nobel pertama sekaligus menjadi orang pertama yang memenangkan dua penghargaan ini sekaligus.

Di balik itu semua, Curis ternyata adalah korban dari penemuan dan eksperimennya sendiri, yaitu unsur radioaktif. Marie berhasil menemukan dua unsur radioaktif, yaitu radium dan polonium.

Untuk melakukan penyembuhan penyakit bagi para serdadu yang terluka pada perang dunia pertama, Marie harus sering menggunakan radon, gas yang dihasilkan oleh unsur radium.

Radon memiliki sisi mematikan yang mampu membunuh secara perlahan. Curie lalu meninggal pada 4 Juli 1934 diusia 66 tahun.

2. James Heseiden

James Heselden. (dailymail)

James Heselden, seorang pemilik perusahaan Inggris bernama Hesco Bastion, perusahaan yang memproduksi Segway, ditemukan tewas pada 26 September 2010.

Ia meninggal akibat mengendarai kendaraan roda dua yang ia ciptakan. Pria berusia 62 tahun ini terjatuh dari Segway dan tergelincir masuk ke dalam jurang sedalam 30 kaki.

Ia ditemukan di sungai dekat kediamannya beserta segway buatannya di West Yorkshire, Inggris.

3. Horace Lawson Hunley

Horace Lawson Hunley. (FeedMe)

Horace Lawson Hunley dikenal sebagai seorang legislator, pengacara, sekaligus insinyur marinir bagi tentara konfederasi Amerika Serikat. Salah satu penemuan terkenalnya adalah kapal selam yang digunakan pada perang saudara Amerika Serikat.

Sayangnya, penemuannya yang masih belum sempurna itu membuat tewas lima dari sembilan anak buah kapal pada misi penyelaman perdananya.

Pada 15 Oktober 1863, Hunley akhirnya turut mengikuti uji coba kedua kapal selam buatannya. Percobaan kedua ini adalah misi penyerangan terhadap pemblokiran kelompok Union di Charleston Harbour.

Uji coba kedua ini membuat seluruh kru kapal selam termasuk Hunley yang berusia 40 tahun meninggal dan jenazahnya baru ditemukan setelah 132 tahun. Jenazah Hunley saat itu berada di dasar Samudra Atlantik, dekat Charleston Harbour.

4. William Bullock

William Bullock. (webtekno)

William Bullock menemukan alat press cetak putar yang bekerja untuk melakukan press dengan memutar rol kertas secara kontinyu.

Menurut banyak kesaksian, Bullock meninggal secara tidak sengaja saat tubuhnya tertarik oleh putaran mesin yang membuat kakinya terluka.

Luka di kakinya mengakibatkan infeksi yang membuatnya meninggal karena luka busuk tersebut.

5. Thomas Andrews

Thomas Andrews. (BBC)

Thomas Andrews adalah salah satu arsitek kapal Titanic asal Irlandia yang saat itu masih berusia 39 tahun.

Sebagai pembuat kapal yang bertugas mengawal kapal besar karyanya ini, Andrews turut mengikuti perjalanan perdana Titanic.

Pada 15 April 1912, Andrews turut tenggelam bersama kapal buatannya.

Menurut film Titanic, Andrews tidak menyelamatkan diri, dan membiarkan dirinya tenggelam dalam dinginnya lautan saat kapal ciptaannya perlahan tenggelam ke dasar laut.

Itu tadi deretan ilmuwan yang tewas karena penemuannya. Menurutmu mana yang paling tragis?

BACA SELANJUTNYA

Ilmuwan Ungkap Ada Samudra di Bawah Permukaan Satelitnya Uranus, Ada Makhluk Hidup?