Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 20 September 2018 | 19:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Luar angkasa menyimpan sejumlah besar misteri yang belum mampu kita ungkap semuanya. Baru-baru ini para ilmuwan menemukan sebuah sinyal inframerah misterius di luar angkasa.

Penelitian mengenai ditemukannya sinyal inframerah telah dipublikasikan dalam The Astrophysical Journal pada tanggal 17 September 2018.

Ilmuwan mempunyai beberapa teori yang menjelaskan mengapa ini bisa terjadi.

Ketika sebuah bintang mencapai akhir dari hidupnya, ia biasanya akan mengalami ledakan supernova. Setelah itu biasanya bintang akan hancur.

Namun jika bintang memiliki cukup massa, ia akan membentuk lubang hitam.

Apabila ukuran bintang dan ledakan tak cukup besar dan masif, ia akan membentuk bintang neutron.

Bintang mati dan menciptakan lubang hitam. (NASA)

Dikutip dari Livescience, bintang neutron merupakan bintang yang sangat padat dan seperti namanya, sebagian besar materi bintang terdiri dari neutron.

Bintang neutron juga dapat disebut dengan dengan ''Pulsars'' jika sangat termagnetisasi dan berputar cukup cepat dalam memancarkan gelombang elektromagnetik.

Biasanya, bintang-bintang neutron memancarkan gelombang radio atau gelombang berenergi tinggi seperti sinar-X.

Namun sekelompok peneliti dan ilmuwan internasional mengamati sesuatu yang menarik dalam data teleskop luar angkasa Hubble.

Ilustrasi ledakan yang membuat bintang neutron. (New Scientist)

Mereka melihat cahaya inframerah yang dipancarkan dalam bintang neutron.

Sinyal ini berjarak sekitar 800 tahun cahaya dan ''diperpanjang''. Itu berarti sinyal tersebar di hamparan ruang yang sangat besar di luar angkasa.

Ini sangat berbeda dengan sinyal ''titik'' khas bintang-bintang neutron yang memancarkan sinar-X.

Secara khusus, sinyal membentang di ruang 200 AU. Satu AU (Astronomy Unit) adalah jarak rata-rata dari Bumi ke Matahari atau sekitar 150 juta kilometer.

Sinyal yang panjang pernah diamati sebelumnya oleh para ilmuwan dan peneliti, namun sinyal itu tidak pernah berupa sinyal inframerah.

Seorang penulis studi sekaligus profesor penelitian astronomi dan astrofisika di Penn State yang bernama Bettina Posselt menjelaskan bahwa sinyal itu sangat aneh.

Penampakan angin pulsar nebula. (NASA)

"Semua emisi dalam inframerah yang kita lihat kemungkinan tidak berasal dari bintang neutron itu sendiri," kata Posselt.

Dalam penelitian, para peneliti dan ilmuwan mengusulkan dua kemungkinan sumber yang memancarkan sinyal inframerah misterius di luar angkasa.

Itu bisa berasal dari piringan debu yang mengelilingi pulsars atau nebula angin pulsars.

Namun tak menutup kemungkinan sinyal inframerah ini berasal dari sumber ''lain''.

Temuan sinyal inframerah misterius di luar angkasa akan didalami oleh ilmuwan lainnya dan mereka sangat tertarik mengenai hal ini.

BACA SELANJUTNYA

UAE Siap Mengembangkan Pesawat Luar Angkasa untuk Menjelajahi Sabuk Asteroid Mars