Senin, 30 November 2020
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Senin, 01 Oktober 2018 | 15:30 WIB

Hitekno.com - Sebuah penelitian yang dilakukan para ilmuwan di Afrika Selatan akhirnya membuahkan hasil. Mereka berhasil menemukan spesies dinosaurus baru yang mirip dengan kucing.

Ilmuwan memperkirakan bahwa sekitar 200 juta tahun yang lalu, dinosaurus tersebar banyak di daerah yang sekarang dikenal dengan nama Afrika Selatan.

Ukuran dinosaurus ini tak main-main, besarnya mencapai dua gajah dewasa Afrika yang menjulang tinggi.

Penelitian mengenai dinosaurus dengan anggota badan mirip dengan kucing telah dipublikasikan pada hari Kamis minggu lalu (27/09/2018) di Current Biology.

Perbandingan ukuran Ledumahadi dengan gajah dan manusia. (ZDF)

 

Spesies ini dinamakan dengan Ledumahadi mafube yang mempunyai arti dalam bahasa setempat sebagai ''petir raksasa di waktu fajar''.

Ledumahdi memang tampak seperti Sauropoda (kelompok dinosaurus berleher panjang klasik yang mencakup Brontosaurus), namun secara teknis ia tidak masuk dalam klasifikasi itu.

Dikutip dari National Geographic, Ledumahadi adalah sepupu jauh dari keluarga Sauropodomorph dan merupakan dinosaurus yang cukup tua di spesiesnya.

Dilihat dari bentuknya, Sauropoda sejati biasanya memiliki kaki seperti kolom (seperti pada gajah) yang secara efisien mendukung berat badan hewan.

Ilustrasi Ledumahadi mafube dengan kaki tertekuk. (Viktor Radermacher)

 

Namun Ledumahadi memiliki ''bentuk yang berbeda''. Mereka memiliki anggota badan yang lebih ''mobile'' namun berdiri dengan posisi yang kurang efisien seperti kucing.

Lutut dan siku milik Ledumahadi sebagian tertekuk sehingga mirip dengan kucing.

Blair McPhee, pemimpin penelitian sekaligus seorang ilmuwan dan ahli paleontologi di Universitas Sao Paulo mengatakan bahwa Ledumahadi ''ingin memiliki segalanya''.

"Ini adalah hewan yang ingin memiliki segalanya. Ia ingin menjadi sangat besar, seperti sauropoda, dan ingin berjalan menggunakan kaki empat yang besar dengan sangat cepat," kata McPhee dalam sebuah penjelasan.

Ledumahadi mafube beratnya mencapai 12 ton. (Phys.org)

 

Meskipun namanya mengandung arti petir (biasanya muncul tiba-tiba), spesies dinosaurus baru tak ditemukan secara tiba-tiba.

Ledumahadi adalah sebuah spesies dinosaurus yang berhasil ditemukan setelah ilmuwan mengumpulkan sisa-sisa tubuhnya selama dua dekade.

Anggota tubuh Ledumahadi mafube nampak begitu gagah dan hampir pasti berjalan dengan merangkak. Posturnya yang mirip dengan kucing membuatnya berbeda dengan dinosaurus lain.

Penemuan spesies dinosaurus baru yang mirip kucing ini sangat berguna karena ilmuwan dapat meneliti lebih lanjut mengenai fosil dinosaurus tua.

BACA SELANJUTNYA

Ditemukan Fosil Misterius Reptil Terbang, Tertimbun Sisa Tulang Hiu