Kamis, 28 Maret 2024
Tinwarotul Fatonah | Amelia Prisilia : Sabtu, 03 November 2018 | 13:58 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Arkeolog memang bertugas secara khusus untuk mencari jejak-jejak sejarah yang ditinggalkan oleh manusia yang hidup sebelum kita. Tidak jarang, para arkeolog ini malah menemukan beberapa penemuan yang mengejutkan dan secara langsung sukses mengungkap sejarah yang tersembunyi.

Sejarah patut banget diperbaharui jika seandainya penemuan-penemuan yang ditemukan para arkeolog ini malah memberikan fakta yang berbeda.

Terkadang dari hasil penemuan mengejutkan ini, membuat para arkeolog berharap untuk tidak menemukannya sama sekali daripada harus berhadapan dengan kenyataan yang mengerikan.

Untuk kamu, tim HiTekno punya deretan temuan para arkeolog yang sukses mengungkap sejarah yang tersembunyi.

1. Kehidupan kanibalisme di Eropa

Ilustrasi. (unsplash/Annblack)

Tepat pada tahun 1996, sekelompok arkeolog menemukan sisa-sisa kerangka manusia sejumlah 500 di bagian Barat Daya Jerman.

500 kerangka ini terdiri dari kerangka pria, wanita, anak-anak, hingga bayi. Pemakaman masal ini lalu dipercaya sudah berusia 7000 tahun.

Dari kerangka ini, para arkeolog juga menemukan tanda yang sama antara kerangka manusia dan hewan. Hal ini membuktikan bahwa pernah terjadi praktik kanibalisme di Eropa.

2. Viking yang tidak berkepala

Ilustrasi. (unsplash/AdinaVoicu)

Pada tahun 2009, ditemukan pemakaman masal di jalan Weymouth di daerah Dorset, Inggris. Pemakaman masal ini berisi kerangka dari 50 pria muda.

Kerangka ini diketahui dalam keadaan tidak berbusana, kepala terpenggal, dan berada dalam liang besar yang sama.

Penemuan ini menemukan fakta bahwa pria muda Viking Skandinavia yang hidup antara tahun 910 dan 1030 dieksekusi secara brutal.

3. Kerangka bayi di Selokan Ashkelon

Ilustrasi. (unsplash/Kate Krifanic)

Pada tahun 1988, para arkeolog melakukan eksplorasi dalam selokan di bawah rumah pemandian Byzantine atau yang dikenal sebagai Romawi Kuno di Ashkelon, Israel.

Para arkeolog lalu menemukan ribuan tulang kecil yang ternyata adalah kerangka bayi yang baru lahir.

Hal ini lalu berhasil membuka fakta sejarah bahwa lokasi tersebut adalah sebuah rumah bordil. Para pekerja di tempat ini yang memiliki bayi akan dibuang di tempat tersebut.

4. Mumi Api di Filipina Utara

Ilustrasi. (unsplash/Holger Link)

Para arkeolog pernah berhasil menemukan sebuah gua yang berisi ratusan tengkorak dan peti mati berbentuk kulit kenari. Setelah diteliti, gua tersebut adalah tempat pemakaman masal untuk Suku Ibaloi yang berada di daerah tersebut.

Saat anggota suku mendekati kematiannya, menerka akan dipaksa meminum minuman dengan tingkat keasinan tinggi yang akan memulai proses dehidrasi tubuh dari dalam.

Hingga akhirnya meninggal, tubuh anggota suku ini akan dicuci dan dilumuri dengan ramuan herbal untuk kembali diletakkan di dalam peti. Peti ini lalu dibakar di atas api dan jenazah akan diletakkan dalam posisi duduk. Proses mengerikan ini disebut dengan mumi api.

5. Mumi menjerit di Mesir

Ilustrasi. (unsplash/Elianemey)

Sekitar tahun 1886 di dekat lembah para raja, Gaston Maspero, ketua dari Divisi Barang Antik Mesir mencoba untuk memeriksa peti atau sarkofagus yang tidak terdekorasi.

Sarkofagus biasanya akan didekorasi untuk menceritakan kehidupan mumi yang ada di dalamnya.

Saat membuka sarkofagus polos ini, ditemukan mumi yang terbungkus kulit domba. Penemuan ini membuat heboh banyak orang. Mengingat metode mumi seperti ini tidak pernah dilakukan sebelumnya di Mesir.

Tangan dan kaki mumi satu ini menyatu dengan wajah menengadah dan mulut terbuka layaknya sedang menjerit. Temuan ini membuat para arkeolog berpendapat jika mumi ini diracuni dan dikubur hidup-hidup.

Itu tadi 5 temuan para arkeolog yang sukses ungkap sejarah yang tersembunyi. Menurutmu mana yang paling mengerikan?

BACA SELANJUTNYA

Meta Lagi-Lagi Didenda oleh Uni Eropa, Apa Sebab?