Jum'at, 06 Desember 2019
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 07 November 2018 | 11:05 WIB

Hitekno.com - Ilmuwan percaya bahwa di luar sana, alien cerdas sedang mencari kehidupan lain di luar lingkungan mereka. Sebagai langkah untuk memanggil alien, peneliti dari MIT menciptakan sebuah sinyal laser kuat.

Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa sebuah laser 1 atau 2 megawatt yang dipancarkan melalui teleskop dapat dideteksi oleh makhluk asing.

Laser tersebut akan dipancarkan melalui teleskop pada ketinggian 30 hingga 45 meter dari Bumi.

Ilmuwan percaya bahwa dengan cara ini, maka astronom asing atau alien dapat mendeteksi sinyal meski mereka berjarak hingga 20 ribu tahun cahaya.

''Ini akan menjadi proyek yang menantang tetapi bukan sesuatu yang mustahil, '' kata penulis utama penelitian, James Clark.

Peneliti tersebut merupakan seorang mahasiswa pascasarjana di Departemen Aeronautika dan Astronautika MIT.

Ilustrasi sinyal untuk mencari Alien. (Metro)

Jenis laser dan teleskop yang sedang dibangun oleh peneilti itu diklaim dapat menghasilkan sinyal yang dapat dideteksi.

Itu bisa mengalihkan perhatian alien atau astronom asing agar melihat bintang kita. Alien akan melihat sesuatu yang tidak biasa pada spektrum yang mereka pantau.

Laser pemanggil alien akan dikomandoi oleh Clark dan rekan sesama penulis studi yang bernama Cahoy, seorang profesor di MIT.

Laser itu akan menghasilkan sinyal infra merah yang sangat kuat sehingga sinyal dari panas Matahari tidak akan mengacaukan sinyal tersebut.

Ilustrasi sinyal dari Alien. (Oufosighting)

Dikutip dari Space, penelitian mereka mengenai sinyal pemanggil alien sudah dipublikasikan di Astrophysical Journal pada tanggal 5 November 2018.

Meski terlihat canggih, namun peneliti mengakui bahwa alat mereka masih mempunyai kekurangan terkait dengan keamanan alat.

Sinyal laser itu tak terlihat sehingga bisa merusak mata siapa saja yang melihat langsung ke arahnya.

Laser juga bisa mengganggu peralatan pencitraan dari pesawat luar angkasa yang melintas di jalur yang sama.

Penelitian mengenai sinyal laser yang digunakan untuk memanggil alien merupakan sebuah langkah berani dari seorang peneliti dan sangat menarik untuk disimak perkembangannya.