Jum'at, 03 Mei 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 14 Desember 2018 | 15:30 WIB

Hitekno.com - Kita mungkin mengira robot terdiri dari kabel, mesin dan juga bahan-bahan dari metal. Namun robot tumbuhan yang diberi nama Elowan ini merupakan robot yang berbeda.

Elowan dikategorikan sebagai cyborg (cybernetic organism) atau organisme sibernetik yang mempunyai kemampuan bertahan hidup yang canggih.

Cyborg sering diartikan sebagai makhluk hidup yang sebagian tubuhnya terbuat dari robot. Meski bukan robot sepenuhnya, cyborg Elowan ini merupakan makhluk hibrida gabungan dari robot dan tumbuhan.

Elowan mampu memindahkan tubuhnya yang tertanam di dalam pot menuju sumber cahaya yang lebih terang.

Robot tumbuhan akan menjadi bentuk sibernetik baru, di mana tanaman dapat ''berbicara'' pada mesin.

Peneliti dari MIT Media Lab menjelaskan bahwa tanaman menghasilkan sinyal bio-elektrokimia alami di dalam tubuh mereka.

Contoh sinyal yang dikirim oleh tumbuhan. (MIT)

Sinyal tersebut merupakan respons terhadap perubahan cahaya, gravitasi, kondisi tanah, suhu dan kondisi lainnya yang mempengaruhi kesehatan mereka.

Reaksi elektrik dari sinyal itu akan digabungkan dengan mesin sehingga tanaman dapat secara ''mandiri'' menemukan cahaya.

Elektroda dimasukkan ke batang, daun, dan tanah untuk mengetahui kondisi ideal dari tumbuhan.

Sinyal lemah yang tertangkap oleh elektroda kemudian diperkuat oleh mesin dan dikirim ke robot sehingga memicu gerakan ke arah sumber cahaya.

Dengan kemampuan robot tumbuhan mencari cahaya mereka sendiri, itu dapat membantu memastikan kelangsungan hidup mereka secara mandiri.

''Alih-alih membangun sistem yang benar-benar terpisah, paradigma baru ini memaksimalkan penggunaan kemampuan yang ada dalam tumbuhan dan menciptakan hibrida dengan dunia digital kita,'' kata Harpreet Sareen, seorang peneliti dari MIT Media Lab sebagaimana dikutip dari CNet.

Robot tumbuhan diprediksi tak akan merepotkan tukang kebun, karena mereka tak harus menempatkannya dan memindahkan tumbuhan di dekat jendela.

BACA SELANJUTNYA

Peran Universitas Gunadarma Dalam Mengembangkan Robotik Untuk Indonesia