Kamis, 25 April 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 02 Februari 2019 | 08:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Masalah polusi udara jadi musuh banyak negara, termasuk Thailand. Namun negara ini punya cara sendiri untuk mengatasinya, yaitu dengan menyemprotkan air gula.

Sekilas seperti guyonan, namun peneliti percaya kalau air gula dapat digunakan untuk melawan polusi udara. Tapi bagaimana bisa?

Dikutip dari odditycentral (29/1/2019), pemerintah kota Bangkok menyemprotkan air dengan kandungan gula di dalamnya ke atmosfer.

Beberapa media lokal Thailand juga memberitakan langkah pemerintah Bangkok ini dalam melawan polusi udara dengan menyemprotkan air gula ke langit.

Gagasan di balik cara aneh ini adalah meningkatkan viskositas air menggunakan gula. Hal ini dipercaya dapat menjebak partikel berbahaya ketika disemprotkan ke udara.

Thailand semprotkan air gula ke langit untuk lawan polusi udara. (YouTube/BEC-Tero)

Nampak sebuah video menunjukkan sebuah mobil pemadam kebakaran Thailand menyemprotkan air ke langit. Air ini disebut mengandung gula di dalamnya.

Namun cara melawan polusi udara dengan air gula ini dianggap berbahaya oleh sejumlah ahli. Bahkan ahli Thailand sendiri meragukannya.

Dr. Weerachai Putthawong, ahli kimia organik di Universitas Kasetsart, mengatakan kepada Workingpoint News kalau ia ragu akan langkah ini.

Menurutnya, penyemprotan air gula ke langit ini tidak lebih baik dari air biasa. Karena peningkatan viskositas cairan tidak akan membuat banyak perubahan.

Hal ini karena alat penyemprot yang digunakan tidak cukup mampu membuat tetesan air yang sangat kecil untuk menangkap debu dan partikel berukuran 2,5 mikron.

Thailand semprotkan air gula ke langit untuk lawan polusi udara. (YouTube/BEC-Tero)

Mesin yang digunakan untuk menyemprot air gula ini disebutnya hanya mampu menangkap partikel yang berukuran hingga 10 mikron saja.

Bahayanya, air gula ini menyebabkan permukaan tanah lebih mudah tumbuh jamur. Karena zat aditif organik ini memungkinkan bakteri dan jamur berkembang.

Itulah cara unik Thailand dalam memerangi polusi udara. Dengan cara menyemprotkan air gula ke langit. Berhasilkah cara ini? Atau malah memicu tumbuhnya jamur?

BACA SELANJUTNYA

Usai Kalah dari Indonesia, Viral Pemain Thailand Marah dan Lempar Medali ke Arah Penonton