Rabu, 24 April 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Minggu, 03 Maret 2019 | 18:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - NASA belum lama ini memperkenalkan teleskop barunya yang akan menggatikan teleskop lawas mereka yang bernama Hubble. Teleskop yang disebut-sebut mampu menemukan ribuan planet baru ini bernama WFIRST atau Wide-Field Infrared Survey Telescope.

Untuk mendatangkan WFIRST, NASA harus menghabiskan biaya dengan jumlah yang cukup tinggi. Yaitu sebesar Rp 113 triliun.

Dilansir dari Universe Today, WFIRST memanfaatkan teori Albert Einstein mengenai Gravitional Microlensing yang berbicara mengenai teori relativitas umum.

Entah sesumbar atau apa, NASA percaya jika WFIRST bisa memberikan jawaban lebih pasti mengenai misteri tata surya yang selama ini masih terpendam.

WFIRST sendiri dikombinasikan dengan teknologi menakjubkan. Lensa wide field dengan resolusi tinggi memberikan hasil penemuan planet baru yang lebih tajam dengan teknik microlensing.

Teleskop Hubble. (NASA)

Jika dibandingkan dengan Hubble, WFIRST memiliki ukuran yang cukup besar dan diklaim lebih kuat dari Hubble.

Teleskop WFIRST nantinya akan disimpan dalam roket milik ESA, Ariana 5 yang merupakan wahana paling kuat yang pernah dibuat oleh manusia.

Tidak hanya itu, WFIRST juga dilengkapi dengan kamera fantatis yang menambahkan salah satu koronagraf paling sensitif yang mampu menghalangi cahaya bintang jauh pada basis tiap bintang. WFIRST benar-benar dibuat untuk mengungkap misteri terdalam dari tata surya.

Jika Kepler bertugas untuk mencari planet yang mengorbit dengan jarak yang lebih dekat ketimbang jara Bumi dan matahari, maka WFIRST akan dioperasikan dengan orbit yang lebih besar.

Proyek WFIRST memang bukan hal baru dari NASA. Pasalnya, rencana pengembangan WFIRST ini sudah dimulai pada Februari 2016 lalu.

Teleskop WFIRST. (NASA)

Mei 2018, teleskop WFIRST berhasil lolos evaluasi, dan menurut rencana pada 2020 mendatang teleskop WFIRST ini akan memulai debutnya.

Mengenai tujuannya, WFIRST dibuat untuk melakukan pengamatan kosmik dengan detail untuk mendapatkan sifat energi yang ada di luar angkasa atau yang disebut sebagai 'dark energy'.

Dark energy ini dipercaya memberikan tekanan misterius yang disebut sebagai kekuatan pendorong dibalik perluasan alam semesta.

Tujuan kedua teleskop WFIRST ini bertugas untuk menemukan planet-planet yang sebelumnya belum diketahui.

Nantikan kedatangan teleskop WFIRST secara resmi dari NASA ya.

BACA SELANJUTNYA

NASA Temukan Planet Mirip Bumi yang Kedua, Bisa Dihuni Manusia?