Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 08 Maret 2019 | 11:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Tyrannosaurus rex atau T-rex dikenal sebagai hewan karnivora terbesar yang pernah berjalan di daratan Bumi. Namun siapa yang pernah menyangka bahwa bayi T-rex ternyata imut banget karena memiliki ukuran mini dan berbulu seperti kalkun.

Ilmuwan melakukan penelitian terbaru dan merekonstruksi ulang bayi T-rex sehingga bisa dinikmati oleh publik.

Rencananya, pameran rekonstruksi ulang dinosaurus yang menakjubkan ini akan diperlihatkan di American Museum of Natural History (AMNH) di New York, Amerika Serikat.

Sangat unik, ilmuwan menyebut bahwa bayi T-rex kira-kira mempunyai ukuran seperti kalkun yang sangat kurus.

Bulu-bulu yang dimiliki bayi T-rex kemungkinan tumbuh di sepanjang kepala dan ekor hingga predator raksasa itu dewasa.

Tyrannosaurus awal pertama kali muncul sekitar 167 juta tahun yang lalu.

Itu sekitar 100 juta tahun sebelum T-rex mendominasi dan memerintah periode Cretaceous atau dikenal sebagai Zaman Kapur.

Ilustrasi bayi T-Rex ketika mulai bertumbuh. (American Museum of Natural History/ D. Finnin)

Ahli paleontologi sekaligus kurator pameran yang bernama Mark Norell, memberikan penjelasan bahwa T-Rex mengalami ''penggelembungan'' dalam pertumbuhannya.

T-Rex mungkin hanya seukuran kalkun ketika bayi, namun pertumbuhannya dapat melesat sehingga nantinya ketika dewasa dapat mencapai tinggi 4,6 hingga 6,1 meter.

Pada saat usianya sekitar 20 tahun, T-Rex dewasa akan mencapai tinggi 3,6 hingga 3,9 meter. Ia juga memiliki panjang sekitar 12 hingga 13 meter dari hidung ke ekor dengan berat 6 hingga 9 ton.

Selama pertumbuhan mereka yang cepat, T-Rex remaja akan mendapatkan pertumbuhan 3 kilogram per hari selama 13 tahun.

Model tiruan T-Rex di Museum Polandia. (Wikipedia/ FunkMonk)

Melihat ukurannya yang sangat imut dan kecil, itu tidak berarti bayi T-Rex dan remaja T-Rex memiliki kekuatan yang lemah. Sebaliknya peneliti mengungkapkan bahwa mulut mereka memiliki desain untuk ''memecahkan tulang'' mangsanya.

''Dinosaurus ini tidak rapuh, tulangnya juga sangat kuat. Persendiannya memungkinkan mereka bergerak cepat dan mereka juga sangat berotot. Kepala T-rex diadaptasi untuk memberikan tekanan sampai tulang mangsanya meledak,'' kata Norell dikutip dari Live Science.

Penelitian mengenai bayi T-rex ini membuktikan bahwa meski predator itu sangat besar, mereka juga perlu beradaptasi perlahan untuk menjadi raja dinosaurus.

BACA SELANJUTNYA

Cheat Dino Chrome Agar Tidak Gampang Mati hingga Mengatur Kecepatan