Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 22 Maret 2019 | 20:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Akhir Februari 2019 dilaporkan bahwa terdapat ikan misterius yang terdampar di pantai Selandia Baru. Setelah diteliti oleh ilmuwan, hewan itu merupakan sunfish atau memiliki nama ilmiah Mola mola.

Ikan tersebut sangat aneh, bagaimana tidak, Mola mola lebih mirip pancake (kue panekuk) daripada ikan pada umumnya.

Peneliti dari Queen's University Belfast, Irlandia, yang bernama Natasha Phillips baru saja melakukan penelitian mendalam mengenai ikan berbentuk pancake itu.

Ia menyebut objek penelitiannya sebagai ''pancake ikan raksasa'' karena mereka dapat tumbuh hingga 5.000 pon atau 2.300 kilogram.

Meski terlihat memiliki gerakan yang kalem dan aneh, Mola mola ternyata dapat berenang pada kedalaman hingga 600 meter.

Mola-mola juga perenang yang tangguh karena dapat berenang sejauh 26 kilometer setelah mereka kenyang.

Spesies Mola mola. (Wikipedia/ Ola Norman)

Ikan tersebut termasuk sejenis ikan yang memiliki tulang. Philips menjelaskan bahwa Mola mola memiliki sirip besar yang bekerja seperti sayap.

Para peneliti menemukan bahwa otot yang menggerakkan sirip ikan juga terhubung ke lapisan daging misterius berbentuk agar-agar yang terletak di bawah kulitnya.

Lapisan daging misterius yang disebut ''kapsul'' oleh peneliti itu ternyata berfungsi sebagai pakaian selam dan jaket pelampung ketika Mola-mola berenang.

Ilustrasi pancake. (Pixabay/ RitaE)

''Lapisan daging itu ternyata membuat sapuan ikan lebih kuat. Itu juga bisa menjadi sebuah 'kekhasan evolusi dalam diri Mola mola,'' kata Phillips dikutip dari The Atlantic.

Tak hanya bentuknya yang aneh dan mirip pancake, Mola mola juga memiliki kebiasaan yang aneh.

Mereka sering tertangkap berenang secara horisontal di dekat permukaan. Tingkah lakunya yang aneh juga ditambah dengan keberadaan mereka yang misterius.

Para peneliti mengamati bahwa Mola mola terlihat banyak di lautan seluruh dunia kecuali daerah kutub dan garis khatulistiwa.

Sunfish terekam dapat berenang secara horisontal. (Marine Life Society of South Australia)

Sayangnya, peneliti masih belum bisa mengungkapkan misteri dari mengapa hewan laut aneh itu tidak menyukai daerah tersebut (daerah kutub dan sekitar khatulistiwa).

Meski serba aneh, Mola mola tak bisa dianggap remeh karena sapuan sirip vertikal raksasa mereka yang menakjubkan.

Mereka dapat melaju dengan kecepatan 6,6 meter per detik dalam waktu singkat. Itu membuat Mola mola dapat memburu cumi-cumi, ubur-ubur dan ikan kecil dengan mudah.

Itulah tadi hasil penelitian mengenai ikan berbentuk pancake dengan nama Mola mola, sangat unik ya!

BACA SELANJUTNYA

Apa Makanan Buaya? Hewan Purba yang Bisa Telan 3 Kg Daging Per Hari