Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 04 April 2019 | 15:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Terdapat hampir 200 negara yang tersebar di seluruh dunia dan berdasarkan penelitian, jumlah populasi dunia ada sekitar 7,5 miliar yang tersebar dan menempati ratusan negara tersebut.

Sebuah situs membuat kita dapat memahami seberapa besar angka 7,5 miliar itu dan berapa negara terbesar yang dapat menaunginya.

Hampir 1,4 miliar penduduk dunia berada di India dan China, sementara miliaran orang lainnya tersebar ke beberapa negara lain hingga ke negara dengan ukuran 0,001 persen dari kedua negara tersebut.

Visualisasi dari situs PopulationPyramid dapat memberikan kita sebuah gambaran yang jelas mengenai ketersebaran 7,5 miliar penduduk dunia.

Dengan warna dan ukuran berbeda, situs tersebut dapat mengorganisir mereka berdasarkan wilayah negara.

Populasi 7,5 miliar dalam satu tabel. (Population Pyramid)

Hal yang menarik adalah kita dapat mengetahui perkiraan jumlah penduduk di tahun yang akan datang atau di tahun yang lalu.

Misalnya, kita dapat mengetahui jumlah populasi dunia di tahun 2024 dengan menekan tombol +5 di pojok kanan atas situs tersebut.

Hal pertama yang dapat kita perhatikan dalam grafik tersebut adalah wilayah Asia cukup menyumbang angka yang besar terkait dengan jumlah penduduk dunia.

Sekitar 60 persen dari grafik yang ada dipenuhi dengan warga Asia dan negara-negara yang menaunginya.

Dikutip dari Word Economic Forum, sekitar 75 persen orang tinggal di Asia atau Afrika. Sementara wilayah Eropa, Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Oseania hanya menyumbang 25 persen dari total jumlah populasi yang ada.

15 Negara dengan jumlah populasi terbanyak. (United Nations, Department of Economic and Social Affairs, Population Division)

Terdapat beberapa negara yang menonjol dalam visualisasi data. Misalnya, China dan India bergabung menjadi 2,7 miliar orang dan menyumbang 36 persen dari total populasi global.

Amerika Serikat, Indonesia, Brasil, dan Pakistan berada di peringkat 3 hingga 6, memiliki satu miliar orang di antara mereka.

Bangladesh juga merupakan negara yang cukup menonjol dengan populasi terpadat di dunia.

Populasi 7,5 miliar dalam buble chart. (Visual Capitalist)

Sebanyak 1.138,9 orang per kilometer persegi memadati negara asal Asia tersebut.

Jika kamu kurang suka dengan tampilan grafik yang berbentuk kota, situs serupa mengenai jumlah populasi dunia dapat dikunjungi melalui Visual Capitalist.

Situs tersebut lebih atraktif dengan menampilkan buble chart, namun dengan data yang lebih terbatas.

BACA SELANJUTNYA

Ubisoft Tutup Gerai Online di China, Apa Sebabnya?