Rabu, 24 April 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Jum'at, 05 April 2019 | 13:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Kerajaan Romawi merupakan salah satu kerajaan terkuat di zamannya dan meninggalkan banyak bangunan kuno yang megah setelah ribuan tahun.

Tak hanya di Italia, jejak kejayaan Romawi ternyata dapat ditemui di Turki. Sekelompok ilmuwan yang tergabung dalam Excavation Committee of the Ancient City of Laodicea menemukan sebuah patung dari kaisar Trajan, kaisar tersukses Romawi.

Proyek penelitian yang dipimpin oleh Celal imek, arkeolog Universitas Pamukkale, Turki, berhasil menemukan patung kuno yang berusia 1906 tahun.

Setelah diteliti, patung tersebut menggambarkan sebuah kesuksesan dan kejayaan yang pernah dicapai oleh kaisar Trajan.

Kaisar tersebut sangat terkenal pada zamannya karena memimpin kerajaan Romawi hingga ke tingkat geografis terbesarnya.

Patung kaisar Trajan berdiri dengan tinggi 3 meter dan ditemukan di bawah air mancur kuno, di situs kota kuno Laodicea, Turki.

Patung ini direskonstruksi setelah hancur menjadi 356 bagian. (Excavation Committee of the Ancient City of Laodicea)

Penemuan tersebut menampilkan Trajan dalam pakaian militer lengkap, termasuk pelindung tubuh yang dihiasi dengan beberapa ukiran.

Patung kaisar Trajan diperkirakan selesai dibangun pada 113 M, hanya empat tahun sebelum kematian kaisar.

Berdasarkan penelitian dan catatan sejarah, selama 19 tahun masa pemerintahannya, dari 98 hingga 117 M, Trajan sukses memperluas daerah kekuasaan Romawi pada tingkat terbesarnya.

Luas kerajaan Romawi saat itu bahkan mencakup sebagian besar Eropa, Afrika Utara, dan beberapa daerah Timur Tengah, termasuk Mesopotamia (sekarang Irak).

Kuil kuno yang ada di Laodicea. (Wkipedia/ Rjdeadly)

Laodicea, berada di provinsi Frigia, yang saat itu berada di puncak kejayaan. Kenyataannya, kota tersebut sangat kaya dan memiliki bangunan terbaik pada zamannya.

Saat gempa bumi menghancurkan kota pada 60 M, penduduk kota tersebut menolak bantuan dari kerajaan Romawi pusat dan membangun kembali dengan dana mereka sendiri.

Mereka bahkan membangunnya kembali dengan lebih megah dan bahkan membangun teater, pemadian, kuil, stadion dan beberapa bangunan besar lain dengan sangat cepat.

Laodicea adalah kota dengan otonomi khusus di bawah kerajaan Romawi dan memiliki pemerintahan sendiri. Kota tersebut bahkan memiliki mata uang atau koin yang mereka cetak sendiri.

Patung kaisar Trajan yang ditemukan di Turki. (Excavation Committee of the Ancient City of Laodicea)

Gempa pada 60 M menumbangkan patung kaisar Trajan menjadi 356 keping. Ilmuwan yang menelitinya harus merekonstruksi kembali dan menemukan hal yang mengejutkan.

Terdapat beberapa ukiran yang melambangkan kejayaan kaisar tersebut pada zamannya.

''Di bagian atas baju besi terdapat ukiran guntur Jupiter, dewa guntur surgawi. Ukiran Medusa terletak tepat di tengah-tengah dada, menandakan sisi menakutkan kaisar, '' kata Simsek dikutip dari Gizmodo.

Terdapat juga ukiran Griffon, makhluk legendaris berupa elang dengan tubuh, ekor, dan kaki belakang singa. Makhluk tersebut merupakan simbol dewa Apollo yang dipercaya melindungi seni rupa dan dewa Matahari.

Penemuan patung Trajan sebagai kaisar kerajaan Romawi tersukses sangat menarik karena kita bisa tahu betapa kayanya situs tersebut di masa lalu.

BACA SELANJUTNYA

Ilmuwan Ungkap bahwa Tikus di New York Mulai Bisa Terjangkit Covid