Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 13 April 2019 | 08:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Seperti diberitakan sebelumnya, Roket Falcon Heavy sempat mengalami penundaan peluncuran. Namun akhirnya roket milik SpaceX ini sukses melakukan peluncuran komersial perdana.

Roket Falcon Heavy sukses diluncurkan dari Pad 39A di pusat peluncuran milik NASA, Kennedy Space Center, Florida, Amerika Serikat.

Roket yang diklaim terkuat sejagat milik SpaceX ini meluncur dalam rangka mengantarkan satelit komunikasi milik Arab Saudi, Arabsat-6A, menuju orbit.

Tak hanya itu, prestasi lainnya juga turut diukir SpaceX karena sukses mendaratkan kembali ketiga booster milik Falcon Heavy secara bersamaan.

Menurut laporan The Verge yang dikutip Jumat (12/4/2019), dua outer booster mendarat sempurna di tempat pendaratan milik SpaceX di Cape Canaveral, Florida.

Falcon Heavy. [Shutterstock]

Sedangkan saru booster intinya mendarat di kapal drone 'Of Course I Still Love You' berlokasi di Samudera Atlantik.

Ini merupakan keberhasilan pertama bagi SpaceX, mengingat pada uji coba peluncurannya, hanya dua booster saja yang kembali ke Bumi dalam kondisi utuh.

Atas pencapaian tersebut, CEO SpaceX Elon Musk langsung merayakannya dengan membagikan postingan ketiga booster yang mendarat itu lewat akun Twitter miliknya.

Pencapaian ini juga tidak terlepas dari penggunaan booster baru SpaceX pada Falcon Heavy yang dinamai Block 5.

Berbeda dengan pendahulunya, booster ini membawa sejumlah fitur baru yang membuatnya membuatnya lebih mudah untuk didaratkan, sekaligus bisa dengan cepat digunakan kembali untuk misi berikutnya. (Suara.com/ Tivan Rahmat).

BACA SELANJUTNYA

Kru Penerbangan Swasta Pertama ke Bulan Sudah Diputuskan, Mayoritas Artis