Sabtu, 20 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Rabu, 01 Mei 2019 | 12:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Belum lama ini, seorang nenek berusia 60 tahun bernama Jean Dean, sukses memotret keberadaan Nebula Rosette di angkasa. Prestasinya ini membuat hasil fotonya dipakai oleh NASA.

Nebula Rosette sendiri merupakan awan antarbintang yang berisi debu, gas, dan plasma. Nantinya, molekul-molekul ini akan menjadi tempat pembibitan bintang-bintang baru.

Dilansir dari Independent.co.uk, Jean Dean merupakan seorang pensiunan ahli kelautan yang gemar memotret di halaman belakang rumahnya yang terdapat di Guernsey, Channel, Inggirs.

Rumah yang terletak di pulau terpencil ini terkenal dengan kondisi minim polusi cahaya, sehingga langit malam di pulau ini nampak begitu terang dan indah.

Karena hal ini, lokasi pengambilan potret tersebut menjadi lokasi yang sempurna untuk mengambil potret langit malam.

Sebelum mendapat potret Nebula Rosette, Jean Dean melakukan pengamatan selama 13 jam di malam hari. Ia lalu berhasil menangkap potret Nebula Rosette yang berjarak sekitar 5.000 tahun cahaya dari Bumi.

Nebula Rosette. (Jean Dean)

Karena prestasi mengagumkannya ini, potret Nebula Rosette yang ditangkap Jean Dean ini diambil dan digunakan oleh NASA.

NASA memilih memasukan potret tersebut dalam koleksi gambar astrofotogafi terbaik miliknya yang bertajuk Astronomy Picture of the Day atau APOD.

APOD biasanya berisi gambar-gambar indah dan menarik dari luar angkasa. Dalam kolom unggahan akan berisi penjelasan dari para astronom yang berhasil memotretnya.

Sebuah prestasi besar untuk Jean Dean, pasalnya, biasanya foto-foto yang masuk APOD adalah hasil karya para astronom profesional.

Usai pensiun sebagai ahli kelautan, Jean Dean menjadi anggota La Societe Guernesiaise Astronomy Section. Mengisi waktu luangnya, Jean Dean mengamati bintang-bintang di angkasa.

Nebula Rosette ini diperkirakan berukuran lima kali dari ukuran bulan purnama di langit malam. Bentuknya berwarna merah sempurna yang begitu indah.

Mengaku sangat bangga dengan kesempatan ini, Jean Dean sama sekali tidak pernah berharap bahwa potret Nebula Rosette miliknya ini bisa bersanding di APOD milik NASA.

BACA SELANJUTNYA

12 Orang yang Pernah Menginjakkan Kaki di Bulan, Tak Hanya Neil Armstrong