Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Minggu, 19 Mei 2019 | 18:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Penuaan saat ini memang menjadi topik perbincangan yang panas. Banyak yang ingin menentang penuaan dan ingin terus awet muda setiap saat. Seolah mendengar keinginan manusia modern, ilmuwan belum lama ini tengah mengembangkan obat untuk melawan sel zombie di tubuh manusia.

Dilansir dari Futurism, ilmuwan melakukan penelitian untuk melawan penumpukan sel zombie yang membuat penumpukan untuk berbagai penyakit di usia senja.

Beberapa penyakit di usia senja antara lain seperti dementia, osteoporosis, alzheimer, rabun senja, dan lain-lain.

Sel zombie sendiri merupakan sel senesens yang sudah mencapai batasan atau Hayflick. Kalau sudah begini, tidak ada lagi sel yang mampu membelah.

Bahkan dalam kondisi ini, sel dapat mati suri dan berubah menjadi zombil yang terus beraktivitas namun tidak pernah mati.

Ilustrasi sel. (pixabay/Colin00B)

Nantinya, sel yang tidak pernah mati ini cukup berbahaya bagi tubuh manusia. Pasalnya, sel zombie ini akan melepas berbagai senyawa kimia yang akan mengganggu kinerja sel normal. Kalau sudah begini, banyak penyakit yang akan datang.

Penelitian terkait sel zombie ini baru dilakukan dengan menggunakan mencit untuk percobaan. Hasilnya pada mencit obat tersebut dapat langsung mengeliminasi sel zombie dengan menunjukan performa terbaiknya.

Obat untuk lawan sel zombie ini bekerja cukup baik dengan memperbaiki beberapa masalah penuaan.

Studi ini akhirnya menemukan hubungan antara sel zombie dan penuaan. Obat semolitik yang diberikan pada mencit usia tua ini rupanya mampu meningkatkan kecepatan dan kemampuan berjalan, kekuatan genggaman, hingga daya tahan mencit pada treadmill.

Ilustrasi lab. (pixabay/jarmoluk)

Akan sangat berhasil jika dilakukan pada mencit usia dewasa, namun sangat berbahaya jika dilakukan pada mencit muda. Karena hal tersebut dapat menyebabkan perubahan perilaku yang membuatnya sama dengan mencit tua.

Keberhasilan ilmuwan dengan mencit dewasa ini diharapkan ke depannya akan dilakukan dengan objek manusia. Usai dilakukan penelitian, hasilnya pasien mengalami banyak perubahan dan peningkatan performa.

Ke depannya, para ilmuwan masih berusaha untuk membuat obat lawan sel zombie di tubuh manusia untuk atasi penuaan. Kita nantikan kejutan dari para ilmuwan ya.

BACA SELANJUTNYA

Ilmuwan Temukan Objek Terpanas di Alam Semesta, Bukan Matahari apalagi Planet