Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Sabtu, 03 Agustus 2019 | 10:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Para arkeolog yang tergabung dari dua negara, Amerika Serikat dan Israel baru-baru ini berhasil menemukan gereja kuno yang disebutkan dalam Alkitab.

Gereja kuno yang dipercaya merupakan tempat para rasul ini berada di dekat Laut Galilea Israel dan diduga dibangun di atas rumah para murid Yesus, yaitu Petrus dan Andreas.

Walaupun sudah disebutkan dalam teks Kristen tahun 725 M lalu, keberadaan gereja kuno ini memang tidak diketahui dan menjadi misteri.

Dilansir dari Daily Mail, gereja kuno yang disebutkan dalam Alkitab ini ditemukan oleh para arkeolog dari Institut Kinneret Arkeologi Galilea di Kinneret College Israel dan Nyack College di New York.

Lokasi penemuan gereja kuno ini ada di situs el-Araj yang berada di pantai utara Danau Galilea.

Sebelumnya, para arkeolog percaya bahwa el-Araj merupakan situs desa nelayan kuno Yahudi di Bethsaida, yang kemudian menjadi kota Romawi Julias.

Gereja kuno di Alkitab. (Ancient Judaism and Christian Origins)

Arkeolog yang diwakili Steven Notley menjelaskan bahwa pada penggalian tersebut timnya menemukan potongan marmer dan balok-balok kaca berwarna emas yang dipercaya merupakan dinding gereja yang memiliki ornamen mosaik.

Tidak hanya menemukan marmer dan balok-balok kaca, para arkeolog juga menemukan rumah dan tembikar dari zaman Romawi.

Hal ini yang lalu membuat para arkeolog begitu yakin bahwa lokasi tersebut adalah sebuah kota kuno.

Gereja kuno di Alkitab. (Ancient Judaism and Christian Origins)

Meskipun baru menggali sebagian kecil dari lokasi tersebut, para arkeolog yakin bahwa gereja kuno yang disebutkan dalam Alkitab tersebut ada di lokasi ini.

Sebelumnya, demi penemuan ini, para arkeolog memilih beberapa situs yang berukuran lebih dari 100 meter untuk dilakukan penggalian.

Para arkeolog yakin bahwa jika penggalian terus dilakukan di lokasi ini, bagian lain dari gereja kuno yang disebutkan dalam Alkitab ini akan segera ditemukan.

BACA SELANJUTNYA

Arkeolog Temukan Terowongan Kuno Peninggalan Aztec, Habis Digali Malah Dikubur Lagi, Kenapa?