Selasa, 23 April 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 20 Agustus 2019 | 07:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Seperti diketahui, Bumi tempat kita hidup ini berada di Galaksi Bimasakti. Adakah planet lein yang mirip dengan Bumi di galaksi kita ini? 

Para peneliti baru-baru ini memprediksi setidaknya ada sekitar 5 hingga 10 miliar planet yang mirip Bumi di Galaksi Bimasakti.

Para peneliti dari Penn State University ini menggunakan data dari teleskop Kepler milik NASA untuk memperkirakan jumlah planet tersebut.

Selain menggunakan data dari Kepler, para peneliti membuat simulasi komputer dari semesta hipotetis bintang dan planet berdasarkan kombinasi data Kepler dan data dari pesawat ruang angkasa Gaia milik Badan Antariksa Eropa. 

Menurut hasil penelitian yang telah diterbitkan dalam The Astronomical Journal menunjukkan bahwa sebuah planet yang menyerupai Bumi mengorbit satu dari setiap empat bintang yang mirip Matahari.

"Ada ketidakpastian signifikan dalam kisaran bintang yang diberi label 'Seperti Matahari', berapa jarak orbit yang dianggap sebagai 'zona layak huni', dan berapa ukuran planet yang dianggap 'mirip Bumi'," ucap Eric Ford, seorang profesor astrofisika dan penulis pendamping dalam penelitian ini.

"Melihat ketidakpastian itu, angka 5 hingga 10 miliar adalah perkiraan yang masuk akal," lanjutnya,

Ilustrasi luar angkasa. (Shutterstock)

Perkiraan ini merupakan langkah penting dalam pencarian kehidupan lainnya selain Bumi karena planet-planet tersebut kemungkinan memiliki kandungan air cair.

Dengan begitu, para peneliti nanti dapat memanfaatkan planet-planet tersebut untuk menguji Teleskop Wide-Field Infrared Survey yang akan diluncurkan pada pertengahan tahun 2020 dan bertugas untuk mencari tahu tanda-tanda oksigen dan uap air di planet lain.

Dilansir dari Business Insider, untuk saat ini para peneliti berharap akan ada rencana misi ruang angkasa di masa depan yang mengeksplor planet-planet mirip Bumi tersebut.

Itulah kata peleniti soal planet lain di Galaksi Bimasakti yang mirip dengan Bumi. Jika mirip, adakah kehidupan di sana? (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Info Gempa Bumi Terkini, Malam Ini, Magnitudo 6,1, Lokasi Barat Daya Pacitan, Tidak Berpotensi Tsunami