Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 12 Oktober 2019 | 16:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Fenomena langit Jepang yang berwana pink sedang menghebohkan netizen di media sosial. Sekilas terlihat cantik, namun lama-lama menakutkan.

Perubahan warna langit Jepang menjadi pink ini disebut-sebut sebagai pertanda akan datangnya bencana topan di negara tersebut.

Topan Hagibis, yang namanya diambil dari bahasa Filipina dan berarti "cepat", diramalkan akan menghantam daerah Nagoya, Jepang pada 12 Oktober 2019 ini.

Melansir dari laman ABC, topan ini disebutkan akan menjadi salah satu badai topan terparah yang melanda Jepang sejak tahun 1958 silam.

Topan Hagibis sendiri diperkirakan akan menghantam dengan kecepatan mencapai 160 km/jam pada pusatnya.

Namun, beberapa saat sebelum Topan Hagibis diramalkan tiba, warga mendapati jika langit di Jepang berubah warna menjadi pink keunguan.

Fenomena langit Jepang pink ini pun lantas viral. Banyak warga yang mengunggah foto-fotonya di Twitter dan menyebutnya "pemandangan indah yang menyembunyikan bencana besar".

Fenomena Langit Pink di Jepang Menjelang Topan (twitter.com/gucciking88)

Warna pink keunguan ini sendiri merupakan hasil dari fenomena cuaca yang disebut "scattering" atau hamburan.

Ketika badai topan dan hujan tiba, partikel-partikel di udara yang berukuran besar akan tersapu dari atmosfer.

Sementara, molekul dan partikel-partikel kecil yang tersisa memengaruhi penyebaran cahaya dan mengubah warna langit menjadi pink keunguan.

Menanggapi badai besar yang akan segera tiba, pemerintah Jepang pun sudah meminta warga yang tinggal di area terdampak untuk mengungsi.

Tidak hanya itu, banyak warga yang dilanda kepanikan dan ramai-ramai mengosongkan rak makanan di supermarket untuk bersiap menghadapi bencana yang ada.

Aneka event seperti F1 Grand Prix di Jepang dan pertandingan Rugby World Cup juga dikabarkan turut batal karena Topan Hagibis.

Fenomena Langit Pink di Jepang Menjelang Topan (twitter.com/ika_mesugorira)

Sementara, tagar #SaveJapan dan #PrayforJapan diketahui sudah menjadi trending topic Twitter sejak kemarin.

Itulah fenomena langit Jepang yang berubah warna menjadi pink sebagai pertanda datangnya Topan Hagibis. (Suara.com/ Amertiya Saraswati).

BACA SELANJUTNYA

Urutan 5 Pemain Bola Terjago Timnas Jepang di Anime Tsubasa, Nomor 4 Bikin Nggak Nyangka