Jum'at, 19 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 16 Oktober 2019 | 16:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Bumi bukan satu-satunya tempat teradinya gempa, namun juga planer Mars bahkan Bulan. Gempat di planet merah ini pertama terdeteksi pada April 2019 kemarin.

Fenomena tersebut kemudian diabadikan oleh para ilmuwan NASA sehingga siapapun dapat mendengarkan getaran gempa di Planet Merah. Oleh NASA, sonifikasi dipercepat dan sedikit dimodifikasi agar dapat didengar oleh telinga manusia.

Menruut catatan, gempa pertama berkekuatan 3,7 dan gempa kedua memiliki kekuatan 3,3 dan terjadi pada 25 Juli 2019.

Gempa-gempa tersebut direkam oleh misi InSight NASA berkat instrumen yang disebut Seismic Experiment for Interior Structure (SEIS).

SEIS dikembangkan oleh Badan Antariksa Perancis, Centre National d'Études Spatiales, yang dibuat khusus untuk mempelajari getaran di Mars.

"Sangat menyenangkan mendengar getaran pertama yang terjadi di Mars lewat InSight," ucap Constantinos Charalambous, anggota tim sains InSight di Imperial College London, sebagaimana dilansir laman IFL Science.

Agar dapat didengar oleh siapapun, NASA mengabadikan dua suara gempa di Mars, yaitu gempa pertama dan kedua, dalam platform SoundCloud dengan durasi masing-masing 46 detik dan 15 detik.

Sinyal potensi adanya gempa di Mars tersebut rupanya bukan kali pertama yang direkam oleh InSight. Menurut laporan, terdapat tiga peristiwa serupa yang terekam SEIS, yaitu pada 14 Maret, 10 April, dan 11 April.

Sayangnya, sinyal-sinyal tersebut terlalu lemah untuk dianggap sebagai gempa. Hingga saat ini para astronom masih melakukan studi lanjutan untuk memahami asal-usul sinyal tersebut.

Itulah rekaman suara dari planet Marts yang menangkap seperti apa gempa di sana. Apakah kamu mendengar sesuatu? (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

BACA SELANJUTNYA

Berapa Jarak Bumi ke Matahari dan Bagaimana Cara Mengukurnya?