Selasa, 16 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Senin, 21 Oktober 2019 | 10:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Seperti yang telah diketahui, ilmuwan yang ada di lembaga antariksa resmi maupun swasta mempunyai ambisi yang sama yaitu mendirikan pangkalan manusia di Bulan atau Mars. Kabar gembira, sebuah penelitian terbaru menyebutkan bahwa tanah di Mars atau Bulan bisa ditanamani berbagai macam spesies tumbuhan.

Pada sebuah penelitian lanjutan yang diterbitkan di jurnal Open Agriculture pada awal Oktober 2019, ilmuwan berhasil menanam tumbuhan di atas tanah Mars dan Bulan.

Ilmuwan yang bernama Wieger Wamelink di Wageningen University, Belanda berhasil membuktikan bahwa memproduksi tanaman di Mars dan Bulan adalah sesuatu yang nyata.

Bahkan tanaman bisa tumbuh subur dan menghasilkan benih tumbuhan yang bisa ditanam lagi.

Tanah yang disimulasikan dicampur dengan bahan organik untuk memberikan nutrisi bagi tanaman sementara tanah standar dari Bumi digunakan sebagai sampel kontrol.

10 spesies tanaman bisa tumbuh subur di simulasi tanah Mars dan Bulan. (Jurnal Open Agriculture)

Tim berusaha menanam 10 tumbuhan yang berbeda seperti selada taman, arugula, tomat, lobak, gandum hitam, kinoa, bayam, bawang kucai, kacang polong, dan daun bawang liar.

Kabar gembira, dari 10 tumbuhan, hanya bayam yang tidak mencapai titik di mana para ilmuwan dapat memanen bagian yang dapat dimakan.

"Dalam percobaan terbatas ini, kami menunjukkan bahwa pertumbuhan tanaman di Mars dan simulan tanah Bulan adalah kemungkinan nyata. Penambahan bahan organik untuk Mars dan simulan regolith Bulan menghasilkan perkecambahan dan pertumbuhan dari semua spesies tanaman," kata Wieger Wamelink dikutip dari IFLScience.

Tak hanya berkecambah dan tumbuh dengan baik, tanaman bahkan menghasilkan buah dan biji untuk benih baru.

Biomassa tanaman yang tumbuh di atas tanah Bumi, Mars dan Bulan. (jurnal Open Agriculture)

Wamelink juga menambahkan bahwa mereka sangat senang karena telah melihat tomat pertama yang tumbuh dari tanah Mars.

Para ilmuwan percaya bahwa sistem pertanian tertutup (dalam dome) bisa diwujudkan sehingga pangkalan manusia di Mars atau Bulan bisa memiliki sistem pertanian tersendiri.

Dari semua tumbuhan, tidak ada kecambah yang mati selama 20 hari percobaan.

Kecambah lobak tumbuh lebih baik di tanah Mars dan tanah Bumi jika dibandingkan dengan tanah Bulan.

Penelitian di atas semakin menegaskan bahwa pangkalan di Mars atau Bulan bisa terwujud dan pemandangan di film fiksi The Martian juga akan menjadi kenyataan.

BACA SELANJUTNYA

Jarak Bumi ke Mars Jutaan Kilometer, Berapa Waktu Perjalanannya?