Selasa, 23 April 2024
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Kamis, 31 Oktober 2019 | 21:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Bumi beberapa waktu ini sedang menjadi sasaran empuk kedatangan benda luar angkasa, salah satunya adalah asteroid. Dalam laporan terbarunya, NASA menyebut bahwa asteroid besar sedang dalam perjalanan menuju Bumi. Amankah?

Menurut badan antariksa Amerika Serikat ini, asteroid besar tersebut bernama Asteroid 2019 UJ3 yang terbang menuju Bumi dengan lintasan 'pendekatan dekat'.

Dilansir dari Express, asteroid besar ini akan berada di titik terdekat dengan Bumi pada pukul 12.37 GMT atau jam 19.30 WIB pada Kamis (31/10/2019) hari ini.

Asteroid besar ini sebelumnya sudah terdeteksi oleh NASA pada 19 Oktober 2019 dan diklasifikasikan sebagai objek dekat-Bumi atau NEO. Asteroid ini nantinya akan ada di jarak 0.01871 unit astronomi dari Bumi.

Ilustrasi asteroid. (pixabay/Charlvera)

Satu uni astronomi ini berada di jarak antara planet dan matahari sekitar 93 juta mil atau 149,6 juta kilometer. Setidaknya, asteroid ini akan berada sejauh 2,79 juta mil atau 2,79 km dari Bumi.

Mengenai ukuran, asteroid ini disebut-sebut memiliki diameter sekitar 17 hingga 38 meter yang jika disejajarkan dengan beberapa bangunan di dunia akan sama besar dengan Arc de Triomphe di Paris, Prancis.

Untuk panjangnya, NASA memprediksi, asteroid ini memiliki panjang yang setara dengan lintasan asli bola bowling.

Ilustrasi asteroid. (pixabay/TBIT)

Selama berada dalam jarak dekat dengan Bumi, asteroid ini akan mencapai kecepatan nominal 8,59 kilometer per detik atau 19.215 mph. Nantinya saat berpapasan dengan Bumi, asteroid ini akan mengunjungi sudut ruang Bumi di 15 September 2020 mendatang.

Tidak perlu khawatir, walaupun asteroid ini masuk dalam NEO, asteroid tersebut tidak akan menabrak Bumi.

Namun, pengamatan serius dan lebih lanjut terus dilakukan oleh NASA untuk asteroid ini guna menghindari resiko batu-batuan yang bisa saja masuk ke Bumi.

BACA SELANJUTNYA

Berapa Jarak Bumi ke Bulan, Lengkap Fakta Menariknya