Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Senin, 04 November 2019 | 19:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Salah satu ikan koi dengan umur terpanjang di dunia adalah ikan koi Hanako. Berdasarkan kisah turun temurun di Jepang, hewan ini dipercaya telah hidup selama 226 tahun.

Hanako yang dalam bahasa Jepang berarti "gadis bunga" diyakini lahir pada tahun 1751 dan mati di tanggal 7 Juli 1977 (7/7/77).

Namanya yang cantik ternyata menular kepada tanggal kematiannya yang ikut "cantik" (7/7/77).

Pada musim hujan pertama Horeki (era Jepang sekitar tahun 1751), setelah Jepang mengambil alih panen ikan koi dari China, ratusan ikan favorit dinamai dengan Hanako.

Ratusan Hanako dimiliki oleh klan Koshihara dari era Tokugawa dan mereka memberi nama "gadis bunga" atau "pelayan bunga" berdasarkan rasa kasih sayang mereka terhadapnya.

Pada tahun 1966, satu-satunya Hanako yang tersisa jatuh menjadi milik Dr. Komei Koshihara, seseorang yang menjadi pemilik terakhir hewan peliharaan legendaris tersebut.

Hanako menghabiskan sebagian besar hidupnya kolam dekat lereng gunung sekitar Oppara, Desa Higashi-Shirakawa, Kamo, Prefektur Niigata, Jepang.

Ilustrasi ikan koi Hanako yang hidup selama ratusan tahun. (YouTube/ Foisy)

Menurut Koshihara, jurang buatan serta kolam khusus didesain untuk Hanako agar ia tetap nyaman.

Satu dekade sebelum kematiannya, Koshihara membawa Hanako ke Profesor Masayoshi Hiro, dari Laboratorium Ilmu Hewan, Nagoya Women's College.

Hiro menganalisis cincin pertumbuhan dalam ikan yang dikenal sebagai annuli dan menyimpulkan bahwa Hanako berusia tidak kurang dari 215 tahun.

Mirip dengan usia pohon yang dihitung berdasarkan diameter cincin di kulit atau batangnya, usia ikan dihitung berdasarkan jumlah cincin (annuli) yang ada di sampel sisiknya.

Menggunakan bantuan dari mikroskop cahaya, Profesor Masayoshi Hiro dapat menentukan usia sebenarnya dari Hanako.

Dikutip dari Digital Journal, Hanako dapat tumbuh hingga 70 sentimeter dengan berat sekitar 7.5 kilogram.

Rata-rata ikan koi di Jepang hanya hidup 40 hingga 50 tahun sehingga Hanako dianggap cukup menakjubkan karena bisa hidup 4 kali lipat lebih lama.

Saat itu, Hiro berpendapat bahwa Hanako dapat hidup dalam ratusan tahun karena beberapa faktor termasuk kondisi lingkungan yang tenang, kebersamaan dengan pemiliknya, serta air jernih yang murni dari lereng pegunungan.

BACA SELANJUTNYA

Banyak Menjangkit Hewan Kurban, Apa Itu Lumpy Skin Disease?