Rabu, 13 November 2019
Agung Pratnyawan : Selasa, 05 November 2019 | 07:00 WIB

Hitekno.com - Tak hanya Mars yang membuat penasaran NASA, namun juga Pluto. Badan antariksa Amerika Serikat ini akan bekerja sama dengan Southwest Research Institute (SwRI) untuk penelitian tentang planet Pluto.

NASA berambisi untuk kembali ke Pluto dalam waktu dekat ini untuk bisa lebih lama lagi di sana. Apa yang akan dilakukan NASA dan SwRI di sana?

Pastinya akan melakukan penelitian terhadap planet Pluto tersebut. Penelitian ini mencakup persyaratan desain dan instrumen dari pengorbit Pluto serta biaya projek.

Sebelumnya, SwRI juga memimpin misi New Horizons NASA dan mengambil foto planet itu untuk pertama kalinya dari jarak terdekat pada Juli 2015.

Potret ini berhasil mengungkapkan struktur Pluto yang disebutkan sebagai dunia sangat beragam dan kompleks, dengan gunung es setinggi 3,2 km dan dataran es nitrogen yang luas.

"Kami sangat senang memiliki kesempatan untuk melakukan penelitian ini lagi. Konsep misi kami adalah mengirim satu pesawat ruang angkasa untuk mengorbit di Pluto selama dua tahun sebelum meneruskan perjalanannya mengunjungi setidaknya satu objek Sabuk Kuiper Kecil lainnya," ucap Carly Howett, Ketua Tim Studi dari SwRI, seperti yang dikutip dari Space.com.

Meski begitu, projek ini masih dalam tahap perencanaan, mengingat NASA juga mendanai sembilan misi penelitian lainnya.

Ilustrasi Planet Pluto [Shutterstock]

Penelitian ini sendiri masuk ke dalam survei decadal yang rutin dilakukan setiap 10 tahun sekali oleh Dewan Riset Nasional Amerika Serikat untuk membantu menetapkan prioritas eksplorasi robot NASA.

Pekerjaan pada survei berikutnya akan dimulai 2020.

Kita tunggu saja seperti apa langkah NASA untuk kembali melakukan penelitian di planet Pluto dalam waktu dekat ini. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).