Kamis, 18 April 2024
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Senin, 18 November 2019 | 16:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Untuk kamu yang punya kegiatan rutin setiap pagi, mengatur alarm adalah hal wajib. Kalau nggak, kegiatan seharian akan terganggu. Jika kamu punya kebiasaan sering snooze alarm saat bangun tidur, kamu harus mulai waspada dengan dampak buruk ini.

Tidur memang memberikan rasa menyenangkan yang membuat siapa saja begitu menyukainya. Tidak jarang, saat alarm bangun tidur sudah berbunyi, rasa untuk kembali tidur terlalu tinggi hingga membuatmu secara otomatis melakukan snooze.

Yang tidak di pahami, ternyata kebiasaan snooze alarm saat bangun tidur memiliki dampak buruk. Hal ini dijelaskan oleh Reena Mehra, Director of Sleep Disorders Research di Cleveland Clinic.

Alih-alih merasa lebih segar saat melakukan snooze alarm, kapasitas tidur kamu justru terganggu dan kemudian mempengaruhi keseharianmu.

Dilansir dari ABC7 Chicago, Reena Mehra menjelaskan bahwa siklus tidur terdiri dari tidur REM atau mimpi tidur. Keadaan ini merupakan tidur restoratif. Tombol snooze alarm justru mengganggu tidur REM tersebut.

Terganggunya tidur REM membuat respon flight-flight dalam tubuh manusia justru meningkatkan tekanan darah dan detak jantung.

Lebih lanjut, Reena Mehra menjelaskan bahwa seseorang yang sering snooze alarm saat bangun tidur menunjukan indikator tidak cukup tidur atau memiliki gangguan tidur.

Ilustrasi tidur. (pixabay/Wokandapix)

Untuk menghindari dan mengurangi kebiasaan jelek ini, ada baiknya untuk memperhatikan kapasitas tidurmu dengan paling tidak tidur selama tujuh hingga delapan jam.

Kualitas tidur yang baik tentu akan membuatmu tidak bergantung pada snooze alarm yang justru mengganggu waktu tidurmu.

Jika tidak juga membaik, daripada terus memencet tombol snooze alarm, Reena Mehra menyarankan untuk segera periksa dan berkonsultasi dengan dokter terkait kondisi tersebut.

BACA SELANJUTNYA

Maba Cowok Tercyduk Tidur Saat Ospek Online, Netizen: Malunya Nggak Tertolong